Bola & Sports
1 Juli 2020 1:03

Piala Afrika 2021 Diundur Jadi Januari 2022, Piala Afrika Wanita Dibatalkan

Pemain Aljazair Baghdad Bounedjah dan Youcef Belaili membawa trofi usai menjuarai Piala Afrika 2019 di Cairo International Stadium, Mesir, Sabtu (20/9). Foto: REUTERS / Amr Abdallah Dalsh

Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) resmi menunda Piala Afrika (Africa Cup of Nations) 2021 selama satu tahun. Turnamen yang sejatinya digelar Januari depan itu baru akan diselenggarakan pada Januari 2022. Alasannya, tentu saja, adalah pandemi corona.

Keputusan tersebut diambil Komite eksekutif CAF, Selasa (30/6). Sementara itu, untuk jadwal dan sisa pertandingan kualifikasi turnamen yang nantinya digelar di Kamerun itu baru akan diputuskan dalam beberapa waktu ke depan.

Meski begitu, Kejuaraan Nasional Afrika (African Nations Championship) yang sejatinya digelar April ini akan diundur ke Januari 2021 nanti. Perbedaan kedua kejuaraan itu adalah, pada Kejuaraan Nasional Afrika, timnas harus menggunakan pemain yang bermain di liga dalam negeri mereka sendiri.

“Komite eksekutif CAF puas dengan komitmen yang diberikan oleh otoritas Kamerun terhadap penyelenggaraan kedua kejuaraan,” ujar Presiden CAF Ahmad Ahmad.

Bennacer saat ajang Piala Afrika 2019. Foto: REUTERS/Suhaib Salem

Sementara itu, Liga Champions Afrika, yang tahun ini telah mencapai fase semi final, akan dilanjutkan pada September mendatang. Konsepnya diubah menjadi pertandingan satu leg, meski tempat pertandingan belum ditentukan.

Di sisi lain, Piala Afrika Wanita 2020 menemui nasib lebih buruk. Turnamen yang seharusnya digelar November sampai Desember 2020 itu dibatalkan.

---

Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona.

loading...

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan