Bola & Sports
16 September 2020 14:50

Starting XI Timnas U-19 vs Qatar Versi kumparan

Timnas U-19 Indonesia akan menghadapi Qatar U-19 dalam tajuk Friendly Match. Duel kedua kesebelasan akan tersaji di Kroasia pada Jumat (17/9/2020).

ADVERTISEMENT

Jelang pertandingan, kumparan coba memberikan sumbang ide buat daftar 11 awal yang akan diandalkan Shin Tae-yong. Kami memilih wadah 4-4-2 dengan rujukan lantaran berkaca pada tiga pertandingan kontra Bulgaria, Kroasia, dan Arab Saudi. Silakan disimak pilihan nama-nama berikut:

Penjaga Gawang

Penjaga gawang Timnas U-19, Muhammad Adi Satryo. Foto: Instagram/@ adisatryoo

Tiga pertandingan sebelum jumpa Qatar, Muhammad Adi Satryo, selalu menjadi pilihan utama di pos penjaga gawang. Kalau bicara penampilan, pemain PSMS Medan ini jelas menjadi sorotan.

Betapa tidak, dari seluruh laga, jala gawang Adi jebol sebanyak 13 kali dan dari titik ini kami tidak merekomendasikan Adi untuk tampil kembali. Alternatif bisa dijatuhkan pada Ada Erlangga Setyo Dwi Saputra.

Mengedepankan Erlangga juga sebetulnya bukan pilihan salah. Sebab, pemain Persib Bandung U-19 ini punya pengalaman bermain di Garuda Select Jilid II. Selain itu, dia juga adalah kiper nomer 1 Persib usia muda sejak kompetisi Elite Pro Academy.

ADVERTISEMENT

Belakang (kanan-kiri)

Tak ada pilihan tetap yang diturunkan Shin di pos ini. Bayu M. Fiqri dan Pratama Arhan Alif sering dipasang bergantian di tiga laga yang sudah dijalani.

Sebetulnya, pos ini bisa saja jadi milik Amiruddin Bagas Kaffa. Hanya saja, Shin sering memasukkan pemain Barito Putera ini di babak kedua.

Untuk laga kontra Qatar, tak ada salahnya mengedepankan nama Bagas. Selain apik dalam membantu penyerangan dan bertahan, Bagas juga jadi solusi memecah kebuntuan.

Bek timnas Indonesia U-19 Amiruddin Bagas Arrizqi bersama pemain timnas Indonesia U-19 lainnya menuju ke arah suporte. Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Rizky Ridho dan Komang Tri masih masuk dalam rekomendasi bek tengah. Postur yang tinggi dan kepiawaian membaca arah bola jadi sebab kami memilih mereka. Terlebih, Rizky adalah kapten tim dengan pengalaman bermain di Kualifikasi Piala Asia U-19.

ADVERTISEMENT

Bek kiri sebetulnya dihuni oleh Yudha Febrian. Namun demikian, Shin kerap melakukan rotasi dengan memilih Pratama Arhan sebagai penggantinya. Yudha atau Pratama, kami memilih Pratama.

Tengah

Pos tengah layak dihuni Brylian Aldama dan David Maulana. Bukan tanpa soal lantaran duet ini sudah saling mengisi sejak menjadi bagian Timnas U-16 dan naik kelas di Timnas U-19. Duet David-Brylian juga sudah kerap kali dipasangkan bahkan di Garuda Select Jilid I dan II.

Oke, kami memahami bahwa Shin ingin mencoba melihat kemampuan seluruh pemain. Satu rekomendasi nama yang kami siapkan sebagai pengganti yakni Braif Fatari.

Pemain Timnas Indonesia U-19 M Supriadi (kanan) berusaha melewati pemain Timnas Hong Kong U-19 di Stadion Madya GBK, Jakarta, Jumat (8/11). Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Tepi kiri dan kanan di pos sayap layak dihuni oleh Supriadi dan Beckham Putra. Untuk dua nama yang disebutkan, Shin belum betul-betul memberikan kepercayaan pada pemain Persib Bandung ini.

ADVERTISEMENT

So, tidak ada salahnya duet Supriadi-Beckham jadi pilihan sejak menit awal.

Depan

Irfan Jauhari masih jadi pilihan utama. Hanya saja, untuk pendampingnya, kami merekomendasikan Witan Sulaeman alih-alih Saddam Gaffar.

Timnas U-19 hadapi Bulgaria U-19 dalam pertandingan uji coba di Kroasia. Foto: Dok: PSSI

Mengapa? Jika Shin memang mencoba mengeksplorasi kemampuan para pemain, tak ada salahnya Witan diberikan satu pos di lini depan. Jadikan sang pemain asal Palu ini berada di posisi di belakang Irfan.

Starting XI Timnas U-19 versi kumparan:

Penjaga Gawang: Erlangga Setyo Dwi Saputra

Bek (Kanan-Kiri): Amiruddin Bagas, Rizky Ridho, Komang Tri, Pratama Arhan

Tengah (Kanan-Kiri): Moch. Supriadi, Brylian Aldama, David Maulana, Beckham Putra

Depan: Irfan Jauhari dan Witan Sulaeman

Formasi: 4-4-2

---

Read more!
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan