Bola & Sports

Van de Beek: Hakim Ziyech Bakal Sukses di Chelsea

Hakim Ziyech, pemain baru Chelsea. Foto: Dok. @AFCAjax

Hakim Ziyech sudah menentukan masa depannya. Per 1 Juli 2020, ia akan jadi bagian dari skuat Chelsea. Dukungan pun mengalir bagi pemain asal Maroko tersebut.

Salah satunya hadir dari rekan setimnya di Ajax Amsterdam, Donny van de Beek. Menurutnya, Ziyech akan menggapai kesuksesan bersama Chelsea. Hal itu tak lepas dari kondisi skuat Chelsea sekarang yang dipenuhi oleh pemain muda.

Setelah terkena hukuman larangan transfer pada Februari 2019 silam, Chelsea sama sekali tidak belanja pemain pada musim panas 2019. Mereka mengandalkan talenta-talenta muda yang dimiliki, sebut saja Mason Mount, Tammy Abraham, Fikayo Tomori, dan Callum Hudson-Odoi.

Alhasil, Chelsea asuhan Frank Lampard sekarang jadi Chelsea yang berisikan para pemain muda. Menurut Van de Beek, hal itu bagus buat Ziyech. Ia pun merasa bahwa Chelsea adalah tempat yang pas untuk pemain berusia 26 tahun itu.

"Kepindahan ini (transfer Ziyech ke Chelsea), menurut saya, adalah sesuatu yang pantas. Ia adalah pemain yang fantastis. Saya percaya ia akan sukses di Chelsea," ujar Van de Beek, dilansir situs resmi Chelsea.

Hakim Ziyech, andalan Timnas Maroko dan Ajax Amsterdam. Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay

"Chelsea adalah klub yang bagus. Banyak pemain muda potensial di sana. Itu adalah tempat yang pas buat Hakim (Ziyech). Saya yakin ia bisa membantu Chelsea," lanjutnya.

Selain Van de Beek, salah satu jurnalis asal Belanda, Marcel van der Kraan, juga percaya bahwa Hakim Ziyech akan menyajikan sesuatu yang positif untuk Chelsea. Apalagi, ia terkenal memiliki kemampuan dribel dan umpan yang mumpuni.

"Ia (Ziyech) adalah sosok yang vital di Ajax. Ia kerap membuat suasana stadion jadi hidup berkat permainannya. Saya yakin ia akan melakukan hal yang sama di Stamford Bridge," ujar Van der Kraan.

"Skill dan teknik olah bolanya brilian. Kaki kirinya benar-benar fantastis. Ia kerap mencetak gol penentu, juga kerap memberikan assist yang apik untuk rekan setimnya," tambahnya.

Chelsea mendatangkan Ziyech dari Ajax dengan biaya sekitar 40 juta euro (33,5 juta poundsterling) plus bonus. Ia sejatinya merupakan incaran Chelsea dan rencananya akan didatangkan pada bursa transfer musim dingin 2020 kemarin.

Aksi Hakim Ziyech ketika memperkuat Ajax Amsterdam. Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay

Selama di Ajax, Ziyech jadi sosok vital di lini serang. Ia menorehkan 48 gol dan 82 assist dari 160 penampilan bersama Ajax di semua ajang. Ia juga sukses mengantarkan Ajax mengawinkan titel Eredivisie dan KNVB Cup di musim 2018/19.

Dengan kemampuannya ini, Hakim Ziyech dianggap bisa jadi pengganti bagi Eden Hazard yang memutuskan hengkang pada musim panas 2019 lalu. Selepas Hazard pergi, Chelsea belum memiliki pemain dengan daya ledak yang apik.

===

Mau nonton bola langsung di Inggris? Ayo, ikutan Home of Premier League Semua biaya ditanggung kumparan dan Supersoccer, gratis! Ayo buruan daftar di sini.

Bagi yang mau nonton langsung siaran Liga Inggris bisa ke MolaTV dan bagi yang ingin merasakan kemeriahan Nobar Supersoccer bisa cek list schedule nya di SSCornerID.

Tersedia juga hadiah bulanan berupa Polytron Smart TV, langganan Mola TV, dan jersi original.

Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan