Tips Mencatok Rambut untuk Hasil Curly yang Tahan Lama

21 Januari 2019 15:04

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Catokan atau Hairdryer? (Foto: Thinkstock)
Catokan atau Hairdryer? (Foto: Thinkstock)
ADVERTISEMENT

Ada berapa banyak dari Anda yang merasa sebal karena hasil catokan yang mudah loss?

ADVERTISEMENT

Untuk Anda si rambut lurus, mengeriting rambut menggunakan catokan jadi tantangan tersendiri. Selain harus piawai menggulung rambut menggunakan catokan bersuhu panas, Anda juga harus memahami trik menjaga rambut agar tidak cepat loss.

Agar sukses menciptakan beach wave dan memberi volume pada rambut, hairstylist Sarah Potempa punya sederet tips yang bisa Anda praktekkan. Apa saja?

Gunakan catokan berkualitas

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Rekomendasi hair curler (Foto: Dok. GHD, Babyliss, Remington, Jose Eber, & Beauphoria)

Kunci keawetan hasil keriting terletak pada suhu dan hair tools yang digunakan. Semakin tebal dan kasar tekstur rambut Anda, semakin tinggi pula suhu catokan yang dibutuhkan. "Dengan teknologi (yang saat ini sudah) modern, semua tipe rambut bisa awet saat dikeriting. Gunakan catokan berkualitas yang suhunya bisa diatur dan plat nya terbuat dari keramik," jelas hairstylist favorit Victoria's Secret Angels ini kepada Brydie.

ADVERTISEMENT

Gunakan heat protection

Sebelum mencatok rambut, Ada baiknya melindungi rambut menggunakan serum atau heat protector spray. "Bisa mulai menggunakan mousse atau pelindung panas agar hasil keriting lebih awet (hold)," kata Sarah. Penting untuk dilakukan!

Jepit rambut selama beberapa menit

Selesai mencatok rambut, segera jepit bagian rambut menggunakan hairclip selama beberapa menit. "Anda bisa menjepit hasil keritingan menggunakan jepitan khusus. Cukup gulung hasil catokan (yang sudah jadi) dan jepit pada bagian atas selama beberapa menit. Ketika jepitannya dibuka, rambut jadi lebih terbentuk, bertekstur, dan bervolume," jelasnya lagi.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Aplikasikan teknik yang tepat. (Foto: thinkstockphotos.com)

Pilih ukuran catokan dengan cermat

Tahukah Anda bahwa diameter catokan menentukan keawetan hasilnya? Semakin kecil diameter catokan, awet pula keritingan rambut Anda.

"Pilih catokan dengan diameter yang lebih kecil jika ingin hasilnya tahan lebih lama. Contohnya, kalau Anda menggunakan catokan berukuran 2,5 cm dan rambut cepat loss, ganti ukurannya," jelas Sarah. Anda juga bisa mencatok rambut per bagian, sedikit demi sedikit jika ingin hasil catokan lebih awet.

ADVERTISEMENT

Hindari menyisir rambut saat panas

Jika ingin hasil keriting tampak cantik dan awet, jangan langsung menyisir rambut saat masih panas. Cukup semprotkan hairspray dan remas ujung rambut menggunakan tangan. Saat suhu rambut kembali normal, barulah sisir teratur menggunakan jari atau sisir bergigi jarang.

Selamat mencoba!