Konten dari Pengguna

3 Contoh Planet Dalam Tata Surya dan Penjelasannya

Akun yang membahas berbagai informasi bermanfaat untuk pembaca.
7 Oktober 2023 20:35 WIB
·
waktu baca 2 menit
Tulisan dari Ragam Info tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

contoh planet dalam. Sumber: pexels.com/Pixabay
contoh planet dalam. Sumber: pexels.com/Pixabay
ADVERTISEMENT

Sistem tata surya menjelaskan tentang apa saja yang ada di luar angkasa. Ada banyak benda-benda di luar angkasa seperti planet dalam dan planet luar. Adapun contoh planet dalam adalah Bumi yang menjadi tempat tinggal makhluk hidup.

ADVERTISEMENT

Pembagian planet dalam dengan planet luar berdasarkan pada sabuk asteroid. Planet dalam adalah planet yang letaknya berada di antara matahari dan sabuk asteroid. Sedangkan planet luar letaknya berada di bagian luar sabuk asteroid dan matahari.

Pengertian Planet Dalam

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

contoh planet dalam. Sumber: pexels.com/Spacex

Sebelum membahas tentang apa saja contoh planet dalam perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan planet dalam. Mengutip dari buku Geografi Jelajah Bumi dan Alam Semesta, Hartono, (2007:34), berikut ini pengertian dari planet dalam.

Planet dalam atau interior planet adalah planet yang jarak rata-ratanya tidak terlalu jauh dari matahari dibandingkan dengan jarak rata-rata dari bumi ke matahari. Selain bumi, Merkurius dan Venus juga termasuk planet dalam.

Venus dan Merkurius adalah planet yang memiliki kecepatan peredaran mengelilingi matahari berbeda dan mempengaruhi bentuknya. Apabila dilihat dari bumi maka bentuk keduanya seolah-olah mengalami perubahan.

ADVERTISEMENT

Dalam planet dalam ada istilah elongasi yang merupakan sudut yang terbentuk dari garis penghubung antara matahari dengan bumi. Adapun sudut elongasi antara Bumi, Merkurius, dan matahari antara 0 sampai 28 derajat.

Adapun sudut elongasi antara Bumi, Venus, dan matahari adalah sekitar 0 sampai 50 derajat.

Contoh Planet Dalam

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

contoh planet dalam. Sumber: pexels.com/Ksenia Chernaya

Berdasarkan penjelasan di atas bahwa ada tiga jenis planet yang termasuk planet dalam yaitu Bumi, Venus, dan Merkurius. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai ketiga planet tersebut.

1. Merkurius

Merkurius adalah planet yang letaknya paling dekat dengan matahari sekitar 57.8 juta km. Oleh karena itu, suhu panas ketika siang hari sangat terasa bahkan bisa mencapai 400 derajat celcius.

Begitu pula ketika malam hari, suhunya menjadi sangat dingin bahkan mencapai -2.000 derajat celcius. Mengapa perbedaan suhunya sangat besar? Hal ini karena Merkurius tidak memiliki atmosfer.

ADVERTISEMENT

2. Venus

Contoh berikutnya adalah Venus yang jaraknya paling dekat dengan bumi yaitu sekitar 42 juta km. Venus sangat terlihat jelas dari bumi seperti noktah kecil yang berkilau. Manusia sering menyebut Venus sebagai bintang pagi.

3. Bumi

Terakhir adalah Bumi yang menjadi tempat tinggal seluruh makhluk hidup di dunia. Jaraknya dari matahari adalah 150 juta km. Bumi hanya memiliki satu satelit yang beredar mengelilingi Bumi dikenal dengan Bulan.

Baca Juga: Mengenal Neptunus, Planet Terjauh dari Bumi

Ketiga contoh planet dalam di atas menandakan betapa besar dan luasnya alam semesta. Belum lagi contoh planet luar yang juga memiliki karakteristik berbeda-beda. (GTA)

1696670437498448330
Bagikan: