KONTEN PENGGUNA
Entertainment

Mohamed Salah dan 5 Pesepak Bola yang Kerap Donasikan Gajinya

Mohamed Salah. Foto: Instagram @mosalah

Hampir semua pencinta sepak bola pasti mengenal nama Mohamed Salah. Ia adalah bintang lapangan hijau yang saat ini bermain di klub sepak bola Liverpool.

Sebagai pemain profesional dengan kemampuan luar biasa, pria yang akrab dsisapa Mo Salah ini menerima gaji sekitar 200 ribu pound sterling atau senilai Rp 3,6 miliar per minggu dari Liverpool. Nilai tersebut tentu sangatlah tinggi. Kendati demikian, ia sangat jarang memperlihatkan kehidupan mewahnya.

Sebaliknya, Mo Salah justru kerap mendonasikan sebagian gajinya untuk membantu sesama. Melansir BBC, pria yang saat ini berusia 27 tahun itu telah membantu sekitar 450 keluarga di kampung halamanya. Selain itu, pesepak bola asal Mesir ini juga pernah memberikan Rp 420 juta untuk beberapa mantan pemain sepak bola di negaranya.

Tidak hanya Mo Salah, beberapa bintang sepak bola lainnya juga suka membantu sesama dengan mendonasikan sebagian gajinya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Mesut Oezil

Ozil bersama penggermarnya. Foto: Instagram @m10_official

Mesut Oezil menggalang dana untuk biaya operasi 1.000 anak-anak yang membutuhkan pada tahun 2019. Ia melakukannya bersama sang istri, Amine, sebagai ungkapan syukur atas pernikahan mereka. Dalam aksinya itu, mereka juga mengajak para penggemar untuk ikut berdonasi.

Tidak hanya itu, Mesut Oezil juga pernah membantu 23 anak asal Brazil yang membutuhkan biaya pengobatan pada 2014. Total nominal yang ia donasikan saat itu sebesar 237 ribu pound sterling atau sekitar Rp 4,3 miliar. Uang yang ia sumbangkan itu merupakan hasil dari keringatnya saat membawa Jerman menjuarai Piala Dunia 2014.

2. Juan Mata

Juan Mata selebrasi setelah mencetak gol. Foto: Instagram @juanmatagarcia

Tidak hanya memberikan bantuan, Juan Mata bersama Jurgen Griesbeck dan Thomas Preiss membuat yayasan amal bernama Common Goal. Yayasan tersebut diikuti oleh 122 pemain dan manajer sepak bola. Semua anggota Common Goal menyisihkan satu persen dari total penghasilannya per bulan untuk didonasikan.

Selanjutnya yayasan yang berdiri pada tahun 2017 ini menyalurkan dananya ke beberapa organisasi di seluruh dunia, seperti SportForLifeUK, the Cameroon Football Development Program, dan One World Play Project.

3. Hector Bellerin

Hector Bellerin mendengarkan arahan. Foto: Instagram @hectorbellerin

Pemain bertahan Arsenal ini mengeluarkan donasi yang cukup besar pada tahun 2017. Donasi itu ditujukan untuk para korban tragedi kebakaran di Menara Grenfell, London Barat. Kejadian nahas tersebut menyebabkan sebanyak 72 korban meninggal dan lebih 70 orang mengalami luka-luka. Bellerin pun menyumbang sekitar Rp 350 juta untuk para korban.

4. Sadio Mane

Sadio Mane. Foto: Instagram @sadiomaneofficiel

Melansir The Sun, pesepak bola asal Senegal ini memberikan bantuan untuk pembangunan sekolah di kampung halamannya pada tahun 2019. Sadio Mane menyumbangkan dana sebesar 250 ribu pound sterling atau sekitar Rp 4,5 miliar. Sebelum membangun sekolah, Mane juga telah mendonasikan uangnya untuk pembangunan rumah sakit di Bambali, Senegal.

5. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo Selebrasi setelah mencetak gol. Foto: Instagram @cristiano

Cristiano Ronaldo juga salah satu pepak bola terkenal yang sering mendonasikan pendapatannya. Ia terpilih sebagai The Most Charitable Sportsperson Pada tahun 2015.

Kekasih Georgina Rodriguez ini juga pernah mendonasikan dana sebesar 89 ribu pound sterling atau senilai Rp 1,6 miliar ke Gerakan Palang Merah. Nominal tersebut merupakan bonus setelah dirinya terpilih sebagai EUFA Team of the Year pada tahun 2013.

Ronaldo pun sempat mengunjungi Indonesia untuk menemui Martunis pada tahun 2005 pascatsunami Aceh. Saat ditemukan Martunis, korban selamat tsunami Aceh, diketahui tengah mengenakan jersi Cristiano Ronaldo. Hal Itulah yang membuat pemain timnas Portugal ini mengunjungi Indonesia saat itu. Selanjutnya, membiayai pendidikan Martunis dan menjadikannya sebagai anak angkat. (jul)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan