Bola & Sports
28 Mei 2020 15:00

Achraf Hakimi: Pemain Tercepat dalam Sejarah Bundesliga

Achraf Hakimi saat bertandang ke markas PSG. Foto: AFP/Franck Fife

Mari lupakan sejenak hasil Der Klassiker, Selasa (26/5/2020) malam WIB, yang berujung kekecewaan untuk Borussia Dortmund. Kini, mari kita fokus kepada bek sayap Der BVB, Achraf Hakimi, yang memegang rekor pemain tercepat Bundesliga.

Kalau dicek berdasarkan data yang telah dikumpulkan secara detail sejak musim 2011/12, tidak ada pemain di Bundesliga yang kecepatannya melebihi Hakimi. Wah, memangnya seberapa kencang larinya?

Begini, pada pekan ke-16 Bundesliga 2019/20, si bek asal Maroko menempuh jarak 36,20 km/jam, mengukuhkan diri sebagai pemain tercepat sepanjang sejarah Bundesliga--jika berdasarkan data yang dimaksud barusan--dalam laga kontra RB Leipzig.

Nah, Hakimi lalu memecahkan rekornya sendiri di laga Dortmund vs Union Berlin. Dalam laga pekan ke-20 itu, si pemain pinjaman dari Real Madrid menempuh jarak 36,49 km/jam. Hal ini dilansir situs web Bundesliga pada 27 Mei 2020.

Read more!
"Kecepatannya luar biasa. Achraf adalah senjata yang nyata bagi kami," ujar Marco Reus, kapten Dortmund.

Tadinya, sebelum Hakimi, rekor pemain tercepat Bundesliga dipegang oleh Rabbi Matondo. Bek Schalke 04 asal Wales itu mencatatkan rekor 35,97 km/jam.

Achraf Hakimi membela Dortmund. Foto: AFP/Ina Fassbender

Menariknya, Los Blancos dikabarkan tertarik untuk merekrut winger binaan Manchester City itu. Mungkin bakal menarik jika suatu saat nanti Hakimi dan Matondo berada di tim yang sama. Dan, well, boleh jadi mereka tak butuh mobil untuk bisa sampai tepat waktu ke tempat latihan.

Lantas, jika Hakimi adalah yang tercepat pertama dan Matondo adalah si tercepat kedua, siapa yang nomor tiga dan seterusnya? Berikut ini kami paparkan daftarnya, dikutip dari situs web resmi Bundesliga.

3) Kingsley Ehizibue (35,85 km/jam)

4) Kingsley Coman (35,66 km/jam)

Winger Bayern Muenchen, Kingsley Coman. Foto: REUTERS/Thilo Schmuelgen

5) Jeremiah St. Juste (35,60 km/jam)

6) Fabian Johnson (35,50 km/jam)

7) Pierre-Emerick Aubameyang (35,44 km/jam)

Aubameyang pernah membela Dortmund. Foto: REUTERS/Wolfgang Rattay

8) Sheraldo Becker (35,43 km/jam)

9) Lukas Kluenter (35,40 km/jam)

10) Artjoms Rudnevs dan Jan Rosenthal (35,39 km/jam)

Sampai di sini, tidak ada nama Alphonso Davies. Ya, tampaknya 'Road Runner' asal Kanada itu harus berusaha lebih cepat lagi di lain waktu.

Editor: Katondio Bayumitra Wedya

---

Ayo, ikutan Home of Premier League dan menangi 1 unit SmartTV dan 2 Jersi Original klub Liga Inggris. Buruan daftar di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan