SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Para Kepala Daerah Alumni UMM Akan Bagikan Pengalaman Kuliah saat Halal Bihalal

Konten Media Partner
11 Juni 2021 14:31
·
waktu baca 4 menit

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Para Kepala Daerah Alumni UMM Akan Bagikan Pengalaman Kuliah saat Halal Bihalal
ADVERTISEMENT

MALANG – Halal Bihalal Alumni Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) akan digelar besok, Sabtu 12 Juni 2021. Kegiatan akbar tersebut digelar di Dome UMM dengan protokol kesehatan yang ketat, juga digelar secara virtual live streaming. Sejumlah kepala daerah alumni UMM sudah terkonfirmasi, akan hadir dan membagikan pengalaman masa-masa kuliah.

ADVERTISEMENT

Salah satunya Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, alumni Psikologi UMM. Baddrut salah satu di antara banyak alumni UMM yang sukses di jalur politik dan pemerintahan.

“Saya masih ingat waktu itu mendaftar di UMM, satu jam sebelum waktu pendaftaran ditutup. Kebetulan saya dari Yogyakarta langsung ke Malang, tapi beberapa persyaratan pendaftaran saya hilang, seperti foto dan lainnya, tertinggal di bis. Hanya ada ijazah,” kata mantan Anggota DPRD Jatim termuda itu.

Saat itu kata dia, situasinya dirasa serba rumit. Namun dirinya tetap optimis bisa kuliah di UMM.

“Tapi alhamdulillah, berkat nilai rapor yang cukup bagus, saya akhirnya diterima di UMM tanpa melalui tahapan tes,” kata Bupati yang akrab disapa Lora Baddrut tersebut.

Foto ini mungkin mengganggumu, apakah tetap ingin melihat?

Meski rumit di awal kata dia, semua dilaluinya dengan gembira. Tentu karena Baddrut bisa diterima di kampus besar tersebut. Bahkan di Jurusan Psikologi, Baddrut ikut aktif dalam organisasi. Salah satunya membentuk Lembaga Kajian Islam dan Psikologi Phenomenom.

ADVERTISEMENT

“Di masa kuliah, saya juga kurang bisa manajemen keuangan, uang saku dari ibu saya sering habis sebelum akhir bulan. Tapi habis untuk makan dan beli buku, positif,” ujarnya sambil tersenyum.

Begitu juga Wakil Bupati Kaimana Hasbullah Furuada, bercerita sewaktu dirinya melalui proses belajar di UMM. Hasbullah aktif di organisasi mahasiswa, Senat hingga Menwa. Dia berjuang bagaimana caranya bisa kuliah dan juga “bertahan hidup”.

“Faktor pertama karena lapar. Kenapa? Karena memang sedang kuliah, dan keterbatasan kemampuan orang tua,” ungkapnya.

Hasbullah juga pernah diusir dari kos karena tidak kuat membayar tagihan bulanan. Bahkan untuk makan saja, dia terus berpikir bagaiman bisa cari makan gratis. Seperti misalnya saat ospek penerimaan mahasiswa baru, dia ikut membantu panitia meskipun dirinya tidak masuk dalam struktur kepanitiaan.

ADVERTISEMENT

“Karena kalau ada kelebihan makan (panitia ospek), saya ikut makan disitu,” terangnya sembari tertawa.

Wakil Bupati Kaimana Provinsi Papua Barat tersebut berterima kasih karena Peran Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP Menko PMK RI yang saat itu menjabat sebagai Rektor UMM.

“Untuk ngobrol dengan beliau di tempat terbuka, awalnya saya takut. Tapi ternyata beliau orangnya ramah, perhatian, itu saya salut. Bahkan saya masih ingat beliau bertanya, dan ini menjadi motivasi saya; ‘kapan lulus? Negerimu menunggu’,” kata alumni FPP UMM itu mengingat pesan Prof Muhadjir.

Sama halnya dengan Bupati Pacitan Gagarain, yang lulus tahun 1994 dari Fisip UMM. Pria asli Pacitan itu bercerita waktu dirinya menempuh studi Ilmu Pemerintahan di UMM.

“Waktu masih sekolah, saya lihat di UMM ada Ilmu Pemerintahan, saya langsung niatkan kesana, karena memang orientasi saya sejak awal di dunia pemerintahan,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Gagarin masih ingat masa awal kuliah, dirinya tertarik dengan pergerakan dari tokoh pemerintahan. Sehingga kata dia, tokoh-tokoh itu menjadi patronnya untuk terus bergerak dan implementasi langsung di kehidupan masyarakat.

“Memang pengalaman didapat tidak hanya dari kampus, saya dulu juga belajar ekonomi, langsung blusukan ke Pasar Gadang. Belajar tidak hanya di kelas saja, tapi implementasi langsung di lapangan,” kata Wakil Bupati yang juga mantan Pimpinan DPRD Kabupaten Pacitan 3 periode tersebut.

Halal bihalal Alumni UMM akan digelar besok, panitia sudah menyiapkan serangkaian acara dalam halal bihalal. Mulai dari pertunjukan kolosal tempo dulu, video dokumenter UMM dari masa ke masa, parade kostum era 80-90an, berbagai pertunjukan hiburan lainnya yang ditampilkan mahasiswa, juga ada launching UMM Networking Programm.

ADVERTISEMENT

Spesial, halal bihalal alumni UMM juga menghadirkan sejumlah tokoh publik, ada Menko PMK RI Prof Dr Muhajir Effendy MAP (mantan Rektor UMM 3 periode), Bupati Pamekasa, Bupati Pasuruan, Wakil Bupati Kaimana, Wakil Bupati Malang, Ketua IKA UMM seluruh Indonesia, para pengusaha yang semuanya alumni UMM.

Termasuk para alumni UMM yang keren-keren, bisa mendaftar lewat sistem online di simawa.umm.ac.id/ika. Lewat sistem ini, pendaftar secara otomatis sudah terklasifikasi untuk datang sesuai jadwal yang ditentukan. (Ads)