kumparan
3 Jun 2018 10:35 WIB

Babinsa Koramil 05/Gedeg Pendampingan Penyemprotan dan Pemupukan Padi

Mojokerto – Babinsa Koramil 0815/05 Gedeg Kodim 0815 Mojokerto Serda M. Syukron melakukan pendampingan penyemprotan dan pemupukan tanaman padi, di desa binaan. Kegiatan ini dilakukan guna mengantisipasi secara dini dan mengendalikan serangan hama dan penyakit pada tanaman padi, terutama hama wereng batang coklat.
ADVERTISEMENT
Pendampingan penyemprotan tanaman padi di lahan seluas 0,5 hektar milik Suwito, anggota Poktan Bina Tani Desa Pagerluyung Kecamatan Gedeg Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (02/06/2018).
Menurut Serda M. Syukron, penyemprotan yang tepat untuk tanaman padi adalah saat mulut daun mulai terbuka, dikarenakan cairan pestisida akan lebih mudah diserap oleh tanaman padi, sehingga masuk ke dalam lapisan jaringan. Sedangkan posisi yang tepat adalah di bawah permukaan daun, karena disinilah letak mulut daun berada.
Masih di lokasi sawah yang berdampingan Serda M. Syukron juga melakukan pemantauan pemupukan yang dilakukan oleh Suparman, anggota Poktan Bina Tani di lahan miliknya seluas 0,4 hektar yang ditanami padi varietas Ciherang.
Pemupukan tanaman padi ini bermanfaat untuk menjaga kesuburan tanah agar mampu menopang kebutuhan unsur hara pada tanaman, mencegah terserang hama dan penyakit, sehingga membuat tanaman menjadi sehat, memperbaiki struktur tanah agar tanah mampu mengikat air, dan tanaman tumbuh optimal dengan hasil yang maksimal.
ADVERTISEMENT
Dan perlu diketahui saat melakukan pemupukan yang yang paling penting tepat jenis, tepat cara, tepat waktu dan tepat ukuran, agar pupuk yang sudah diaplikasikan ke lahan dapat memberikan hasil yang maksimal, tambahnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan