• 0

Fahri Hamzah Minta Pemerintah Jujur Soal Data Tenaga Kerja Asing

Fahri Hamzah Minta Pemerintah Jujur Soal Data Tenaga Kerja Asing



Fahri Hamzah

Fahri Hamzah menjawab pertanyaan awak media di DPR (Foto: Johanes Hutabarat)
Presiden Joko Widodo siang ini menjamin bahwa jumlah tenaga kerja asing asal China di Indonesia hanya 21 ribu. Ia menyebut jumlah tenaga kerja asing yang mencapai 10 juta orang hanya isu belaka.
Namun, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menilai pemerintah masih belum jujur soal jumlah tenaga kerja asing yang ada di Indonesia. Ia mendesak pemerintah untuk mempublikasikan data riil soal tenaga kerja asing.
Pasalnya, masyarakat mulai resah dengan isu tenaga kerja asing yang membanjiri Indonesia.
"Sebab kita banyak menemukan angka-angka yang berbeda, yang dikeluarkan antar satu lembaga dengan lembaga lain," kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat, (23/12).
Fahri meminta pemerintah, dalam hal ini Menaker, Dirjen Imigrasi, dan Juru Bicara Presiden untuk duduk bersama, menyamakan data lalu memaparkan data riil tenaga kerja asing pada masyarakat.
Ia juga minta pemerintah agar tidak membandingkan jumlah tenaga kerja Indonesia di luar negeri dengan jumlah tenaga kerja asing yang masuk ke Indonesia.
Menurut dia, banyaknya jumlah TKI di luar negeri tidak dapat menjadi pembenaran untuk mentoleransi masuknya tenaga kerja asing dalam jumlah masif. Pasalnya, TKI bekerja di luar negeri dengan status legal dan memberikan devisa.
"Tenaga kerja kita berstatus legal dan mendatangkan devisa. Jangan dibanding-bandingkan," katanya.


NewsBreaking NewsFahri HamzahJoko Widodo

500

Baca Lainnya