• 0

Jokowi: Rupiah Wujud Kemandirian Bangsa

Jokowi: Rupiah Wujud Kemandirian Bangsa



Presiden Jokowi

Presiden Jokowi di acara Peresmian Pengeluaran dan Pengedaran Uang Baru di Bank Indonesia, Jakarta. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)


Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan 11 pecahan desain uang baru emisi 2016. Dalam sambutannya, Jokowi menekankan bahwa setiap lembar rupiah memiliki arti penting.
"Rupiah adalah salah satu wujud kecintaan kita kepada kedaulatan dan kemandirian bangsa indonesia. Setiap lembar rupiah adalah wujud kedaulatan kita sebagai negara bahwa kita bertransaksi dengan rupiah tidak dengan mata uang lain," kata Jokowi di Gedung Thamrin, Bank Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (19/12).

Setiap lembar rupiah adalah wujud kedaulatan kita sebagai negara

- Presiden Joko Widodo


Rupiah, lanjut Jokowi, juga menggambarkan tarian dan juga pemandangan Indonesia.
"Setiap lembarnya kita tampilkan pahlawan, tari, pemandangan indonesia sebagai wujud kecintaan kita terhadap karakteristik budaya indonesia," lanjut dia.
Dalam kesempatan itu, Presiden mengimbau masyakarat agar mencintai rupiah. "Dengan menggunakan rupiah, menyimpan tabungan dalam bentuk rupiah," ucap Jokowi.
Acara peluncuran pecahan uang baru ini juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowarodjo, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.
Ada 11 wajah baru untuk pecahan rupiah baru seperti Djuanda Kartawidjaja untuk pecahan Rp 50 ribu. GSSJ Ratulangi untuk pecahan Rp 20 ribu, Frans Kaisiepo untuk pecahan Rp 10 ribu, KH Idham Chalid untuk pecahan Rp 5 ribu, MH Thamrin untuk pecahan Rp 2 ribu, dan Tjut Meutiah untuk pecahan Rp 1000.


Breaking NewsUang BaruNasionalRupiah

500

Baca Lainnya