• 1

Perang Medsos, Agus-Sylvi Libatkan Keluarga Hingga Ketum Parpol

Perang Medsos, Agus-Sylvi Libatkan Keluarga Hingga Ketum Parpol



Agus Harimukti Yudhoyono

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono berpidato saat menemui pensiunan pekerja pendidikan di Jakarta (Foto: ANTARA)
Pasangan calon Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni sadar betul potensi suara Pilgub DKI ada pada pemilih pemula dan perempuan. Karena itu tak hanya dalam perang darat, simpati pemilih juga diraih melalui media sosial.
Sejak resmi menjadi cagub DKI Jakarta, Agus cukup sering berkampanye di “udara.” Berbagai kegiatan Agus dan Sylvi selalu diunggah melalui akun pribadi miliknya terutama Instagram @agusyudhoyono yang punya followers 1,7 juta.


Akun Instagram istrinya, Annisa Yudhoyono @annisayudhoyono serta ibunya, Ani Yudhoyono @aniyudhoyono dengan jumlah follower yang juga tidak sedikit, selalu update dengan kegiatan sehari-hari Agus.


Juru Bicara Timses Agus-Sylvi, Imelda Sari, menilai pemilih pemula dan perempuan khusunya ibu-ibu, saat ini rajin menggunakan media sosial. Mulai dari Facebook, Twitter, hingga Instagram.
“Ibu-ibu lebih suka pakai Facebook, ada resep makanan, reuni. Anak-anak muda pakai twitter. Ini yang bisa kita perhatikan,” kata Imelda kepada kumparan saat ditemui di Apartemen Capital, Kawasan SCBD, Jakarta, Senin, (19/12).
Demi mengamankan dan memperkuat suara pada dua segmentasi ini, Agus-Sylvi juga melibatkan para pimpinan partai politik. Misalnya Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Para pimpinan parpol tersebut seringkali diminta mentweet, menulis status Facebook, atau menampilkan kampanye Agus-Sylvi di akun media sosial mereka.
“Dari Bang Zul (Zulkifli Hasan) yang rajin, kemudian ada Bang Hinca (Hinca Panjaitan) lalu Romahurmuziy (PPP). Mereka rajin posting,” katanya.
Selain para pimpinan partai, pengurus dan kader juga diminta untuk mengupdate setiap kegiatan Agus dan Sylvi.
Imelda menyebut sejumlah akun yang merupakan relawan Agus. Misalnya Sohib AHY, AHY Center, Karib Agus, relasi, dan Garuda.
Materi kampanyenya tidak hanya soal kegiatan blusukan ke sejumlah titik di Jakarta. Kegiatan Agus bersama istri, anak, dan keluarga besarnya juga sering diunggah ke media sosial. Materi seperti ini menjadi amunisi untuk meraih simpati pemilih wanita dan pemula.
Berbagai video yang menunjukkan Agus sedang berpidato atau berdialog dengan masyarakat juga diunggah untuk menarik suara pemilih wanita. “Skill komunikasinya (Agus) bagus. Itu spontan,” lanjut Imelda.
Tim medsos Agus-Sylvi, kata Imelda, terdiri dari beberapa kelompok. Pertama, tim pribadi Agus, kedua, tim relawan partai, serta kelompok relawan Agus. Meski bekerja secara terpisah, tiga tim ini dipimpin oleh Roy Suryo untuk urusan digital.
“Yang menjadi komandan Roy Suryo,” katanya. Meski dipimpin Roy Suryo, untuk urusan content saat kampanye di tim media sosial, tiga tim ini diberi kebebasan.

Akun resmi Agus-Sylvi yang dikelola timses itu adalah:
Facebook: AgusSylviForDKI1
Twitter: AgusSylviForDKI1
Instagram: AgusSylviForDKI1


NewsPilgub DKI Jakarta 2017PilkadaAgus Harimurti YudhoyonoPilgub Jakarta 2017

500

Baca Lainnya