Pencarian populer

4 Kesalahan saat Belajar Bahasa Korea

Ilustrasi Bendera Korea Selatan (Foto: Pixabay)

Setelah mengetahui cara belajar bahasa Korea dari artikel 7 Tips Belajar Bahasa Korea di Rumah dengan Mudah, sekarang mari kita lihat apa saja sih, kesalahan-kesalahan dalam belajar bahasa Korea yang paling sering dilakukan orang-orang?

1. Mengandalkan Romanization

Romanization adalah penulisan bahasa Korea dalam alfabet, ini membuat orang yang tidak bisa membaca hangeul-pun bisa dengan mudahnya mengucapkan bahasa Korea.

Nah, saat awal-awal belajar bahasa Korea, banyak orang yang masih mengandalkan romanization saat belum bisa lancar membaca hangeul. Padahal, cara pengucapan bahasa Korea tidak bisa diucapkan dengan benar jika kita membacanya menggunakan romanization.

Jadi, daripada mengandalkan romanization, lebih baik kita belajar dan terus latihan membaca dan menulis sampai kita merasa nyaman dulu, baru melanjutkan ke tahap berikutnya.

2. Tidak Menonton Acara Korea atau Drama Korea

Drama Korea Selatan (Foto: Berbagai sumberr)

Hal ini terdengar sangat mudah dilakukan. Dan siapa sih, yang enggak suka nonton acara variety show atau drama Korea?

Tapi nyatanya, banyak orang yang belajar bahasa Korea, tapi tidak mau menyempatkan diri untuk menonton acara-acara ini. Padahal, dengan kita terus mendengar dan melihat orang Korea berbicara dan berkomunikasi di TV, kita pun akan ikut terbiasa dengan budaya, nada bicara, dan juga tren bahasa terbaru mereka.

Kecuali kamu memang tinggal di Korea atau berada di sekitar orang Korea, memang cara inilah yang paling mudah untuk kita bisa mempelajari itu semua. Bahkan, banyak sekali kosakata baru yang bisa kita dapat setiap harinya dari hanya menonton acara-acara ini.

Jadi, sempatkanlah untuk menonton variety show ataupun drama korea, paling tidak setengah jam setiap harinya jika kamu ingin lebih cepat lancar dalam berbicara bahasa Korea.

3. Tidak Mengulang

Setelah kita belajar sesuatu, sudah wajib hukumnya kita mengulang pembelajaran itu setelah selang beberapa waktu berlalu. Apalagi saat mempelajari bahasa.

Tapi mengulang pembelajaran bahasa nggak sesulit yang kamu bayangin kok. Cara termudahnya hanya mengulang membaca contoh kalimat keras-keras dan berkali-kali. Dan cara yang lebih baiknya adalah membuat contoh kalimat baru setelah beberapa hari berlalu.

Dengan begitu, apa yang kita pelajari tidak akan begitu mudahnya terlupakan, dan akan terus menempel di otak kita.

4. Tidak Berani Berkomunikasi

Drama Korea 'About Time'. (Foto: Facebook/@cjtvngo)

Saat kita belajar bahasa, hal yang paling sering menjadi alasan orang-orang lupa akan bahasa itu setelah beberapa waktu berlalu adalah karena bahasa tersebut tidak dipakai.

Sebuah bahasa, harus terus digunakan dalam waktu yang intens supaya kita bisa terus ingat dengan bahasa itu. Tapi kalau kamu takut atau malu untuk berkomunikasi dengan bahasa Korea, bagaimana bisa ingat nantinya?

Jadi, carilah teman-teman yang sedang belajar bahasa Korea juga, dan mulailah berkomunikasi menggunakan bahasa Korea dengan mereka. Dan yang paling penting, jangan takut berkomunikasi dengan orang Korea asli saat bertemu dengan mereka.

Walaupun awalnya akan banyak melakukan kesalahan, tapi disitulah kita belajar dan terus menjadi lebih baik. Semua yang belajar bahasa Korea dan sekarang sudah lancar, pasti dulu melakukan banyak kesalahan juga kok! Dan lalu mereka belajar dari kesalahan-kesalahan itu, lalu latihan lebih banyak lagi.

Setelah membaca semua kesalahan-kesalahan di atas, apa ada hal yang sering kamu lakukan? Kalau iya, bagaimana kalau kita mulai perbaiki itu semua dimulai dari hari ini?

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: