• 9

6 Tips Persiapkan Anak untuk Masuk Sekolah Pertama Kali

6 Tips Persiapkan Anak untuk Masuk Sekolah Pertama Kali


Persiapan Menghadapi Sekolah Baru

Persiapan Menghadapi Sekolah Baru (Foto: Thinkstock)
Tahun ajaran baru segera tiba!
Secara serentak, anak sekolah di seluruh Indonesia akan memasuki tahun ajaran baru pada esok hari, Senin (17/7).
Bagi orang tua yang memiliki anak usia 5 tahun atau lebih tentu sedang memikirkan bagaimana cara mempersiapkan anak mereka menyambut hari pertama masuk TK ataupun SD. Pengalaman yang masih minim seringkali menimbulkan kecemasan karena takut anak mereka akan rewel saat memasuki kelasnya.
Namun, tak perlu khawatir karena orang tua hanya perlu mengajarkan beberapa hal agar sang anak menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.
Dilansir berbagai sumber, beberapa tips sederhana di bawah ini bisa Anda berikan untuk menggambarkan kehidupan sekolah yang akan dihadapi sang anak. Apa saja?
1. Jelaskan Tentang Kegiatan Sekolah

Anak Masuk Sekolah

Jelaskan tentang kegiatan sekolah. (Foto: Thinkstock)
Anak mungkin akan bertanya-tanya, kegiatan apa saja yang akan mereka lakukan saat berada di sekolah. Untuk memberikan bayangan mengenai sekolahnya, Anda bisa menceritakan hal apa saja yang busa dan tidak bisa mereka lakukan saat berada di sekolah.
Mulai dari bertemu dengan teman baru, guru kelas, sampai pelajaran apa saja yang akan ia terima. Jelaskan dengan paparan sederhana yang disertai dengan gambar, agar anak lebih mudah memahami maksud dari penjelasan Anda.
2. Tingkatkan Rasa Percaya Diri dan Keberanian Anak

Anak Masuk Sekolah

Tingkatkan rasa percaya diri anak. (Foto: Thinkstock.)
Untuk mampu bersosialisasi dengan baik, tingkatkan kepercayaan diri anak dengan membiasakan mereka bertemu orang banyak tanpa selalu bergantung orang tuanya. Misalnya saat berada di supermarket, Anda bisa menyuruh anak bertanya pada karyawan mengenai letak produk yang ingin dibeli.
Rasa percaya diri yang terbentuk akan berpengaruh pada sikap sosialisasi yang dimiliki sang anak. Keberanian anak pun akan meningkat dengan sendirinya.
3. Ajarkan Anak Mengenai Sosialisasi

Anak Masuk Sekolah

Ajarkan anak tentang sosialisasi. (Foto: Thinkstock)
Jika sudah percaya diri, kemudian ajarkan anak mengenai pentingnya bersosialisasi. Anda harus menjelaskan betapa pentingnya mempunyai teman yang banyak saat berada di sekolah.
Ajarkan pula mengenai etika yang baik dalam berteman, baik dengan teman sebaya atau teman yang lebih tua. Stimulasi anak dengan membiasakan mengucapkan kata-kata yang sopan agar mereka mampu berkomunikasi dengan baik.
4. Mengunjungi Sekolah Anak

Mengunjungi Sekolah Anak

Mengunjungi Sekolah Anak (Foto: Wisnu Prasetiyo/kumparan)
Untuk membuat anak cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolahnya, ajak mereka berkunjung ke sekolah sehari sebelum hari pertama dimulai. Kenalkan anak pada sekolah yang akan menjadi tempatnya menempuh pendidikan.
Selain itu, Anda juga bisa buat anak menjadi lebih familiar terhadap lingkungan sekolahnya dengan mengenalkan ruang kelas, kantin, taman bermain atau bangunan lain yang berdiri di sekeliling sekolah.
5. Yakinkan Anak Jika Sekolah adalah Tempat yang Menyenangkan

Anak Masuk Sekolah

Yakinkan anak sekolah tempat yang menyenangkan. (Foto: Thinkstock)
Mungkin masih ada beberapa anak yang merasa takut untuk pergi ke sekolah di hari pertama. Usir ketakutan dan keraguan anak dengan meyakinkan mereka jika sekolah bukanlah tempat yang mengerikan. Ceritakan hal yang seru terkait kegiatan sekolah atau karakter teman yang akan mereka temui saat berada di sekolah. Ungkapkan keseruan lainnya yang bisa membuat bayangan anak mengenai sekolah berubah menjadi tempat belajar yang menyenangkan.
6. Mengantar Anak di Hari Pertama Sekolah

Mengantarkan anak ke sekolah

Mengantarkan anak ke sekolah (Foto: Thinkstock)
Sediakan waktu untuk mengantar anak ke sekolah. Berikan semangat kepada anak yang baru pertama kali bersekolah.
Mengantar anak di hari pertama sekolah adalah cara terbaik untuk meningkatkan kepercayaan diri sang anak. Jangan lupa memeluk atau mencium anak untuk meyakinkan jika sekolah akan membuatnya tenang dan nyaman.
Jika perlu, antarkan anak sampai ke ruang kelasnya dan tunggu anak sampai ia mendapatkan tempat duduk. Semangati diri mereka agar mampu berkenalan dengan teman barunya.

LifestylePendidikanSekolahAnak

500

Baca Lainnya