Pencarian populer

Santap 1 Buah Gorengan Kalorinya Sama dengan 2 Lembar Roti Gandum

Satu gorengan setara dengan 2 buah roti gandum (Foto: Instagram @makfoodies)

Selain teh manis dan es buah, kolak serta gorengan seakan menjadi menu wajib saat berbuka puasa. Gorengan seperti bakwan, tahu, risol, cireng hingga pisang goreng banyak dipilih orang-orang sebagai menu buka puasa.

Namun, menyantap gorengan terlalu banyak terlebih lagi dilakukan ketika perut kosong tidak dianjurkan oleh para pakar kesehatan. Ahli Gizi Leona Victoria Djajadi, menuturkan jika menyantap gorengan terus-menerus mampu menimbun lemak di dalam tubuh karena banyaknya kalori dan tinggi lemak yang dikandung dalam gorengan.

Ahli gizi Desy Nur Arsanti, memaparkan daripada mengonsumsi gorengan terus-menerus, akan lebih baik jika diganti dengan makanan sehat yang memiliki kalori sama.

"Satu buah gorengan kalorinya beda-beda, bisa 100 sampai 200 kalori per buahnya. Itu setara dengan dua lembar roti gandum dan dua sampai tiga kali lipat sayuran yang pastinya lebih mengenyangkan, lebih sehat dan berserat," kata Desy, saat dihubungi kumparan (kumparan.com), Senin (29/5).

Ilustrasi gorengan pisang (Foto: Wikimedia Commons)

Dilansir dari Fat Secret, aneka gorengan seperti tahu, bakwan, risol dan lain-lain rata-rata memiliki 140 kalori, 2,5 gram lemak, 4 gram karbohidrat, dan 0,4 gram protein di dalamnya. Sedangkan dua lembar roti gandum memiliki 190 kalori, 4 gram lemak, 31 gram karbohidrat dan 6 gram protein. Angka dari masing-masing makanan ini memang tidak terlalu jauh berbeda, namun dua lembar roti gandum masih lebih baik disantap daripada gorengan.

Desy melanjutukan jika ingin menyantap gorengan, coba cari alternatif lain yang tetap menyehatkan. Kamu juga bisa menyantap semangkok sayuran rebus yang memiliki nilai 134 kalori, 2,3 gram lemak, 23,2 gram karbohidrat dan 6,33 gram protein.

"Mungkin bisa bikin pisang kremes yang dipanggang. Tidak terlalu banyak minyak, tapi crunchy-nya dapat. Kalau lagi ngidam banget gorengan, satu atau dua buah tidak apa-apa tapi usahakan buat sendiri," pungkasnya sebelum menutup perbincangan.

Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.31