• 0

Diduga Terlibat Skandal, Uskup Katolik Indonesia Mengundurkan Diri

Diduga Terlibat Skandal, Uskup Katolik Indonesia Mengundurkan Diri


Uskup Hubertus Leteng

Uskup Hubertus Leteng (Foto: http://www.katolikpedia.org)
Paus Fransiskus pada Rabu (11/10), menerima surat pengunduran diri seorang uskup Indonesia bernama Hubertus Leteng.
Pria tersebut mundur usai terkena beberapa masalah. Termasuk dugaan penggelapan uang sebesar 124 ribu dolar AS atau sekitar Rp 1,6 miliar dan dirumorkan mempunyai perempuan simpanan.
Pemberitaan mengenai mundurnya Leteng yang merupakan Pemimpin Pastoral Keuskupan Ruteng disampaikan beberapa media asing seperti kantor berita Prancis AFP dan Associated Press pada Kamis (12/10).
AFP menulis, Leteng diduga mengambil uang sebesar Rp 1,2 miliar dari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan Rp 404 juta dari keuskupan tempat dia melayani.
Akibat tindakan tersebut, dilaporkan ada 69 imam yang mengundurkan diri sebagai bentuk protes pada Juni lalu.
Terlibat asmara dengan seorang wanita merupakan pelanggaran dari sumpah selibat dari seorang uskup Katolik.
Dilansir dari Catholic Herald, Leteng membantah semua tuduhan yang dialamatkan kepadanya. Dia menyatakan, tuduhan tersebut adalah fitnah.
Menurut Leteng, uang itu digunakannya untuk membiayai kursus pilot di Amerika Serikat seorang anak miskin. Sementara tuduhan perselingkuhan menurut Leteng adalah sebuah fitnah.
Pengunduran diri Leteng, juga dikonfirmasi oleh KWI. Hal tersebut mereka sampaikan lewat situs Departemen Dokumentasi dan Penerangan KWI.
"Bapa Suci (Paus) Fransiskus telah menerima pengunduran diri dari pimpinan pastoral Keuskupan Ruteng yang diajukan oleh Yang Mulia Mgr Hubertus Leteng, dan telah mengangkat Yang Mulia Mgr Silvester San, Uskup Denpasar, sebagai Administrator Apostolik sede vacante ed ad nutum Sanctae Sedis dari keuskupan yang sama," tulis web tersebut.

InternasionalNewsKatolikPaus FransiskusHubertus Leteng

500

Baca Lainnya