kumparan
search-gray
News18 Oktober 2017 18:59

Pesanan Tak Diantar, Ibu Negara Zimbabwe Gugat Penjual Cincin Berlian

Konten Redaksi kumparan
Istri Presiden Zimbabwe Grace Mugabe
Istri Presiden Zimbabwe Grace Mugabe (Foto: JEKESAI NJIKIZANA / AFP)
Istri Presiden Zimbabwe Robert Mugabe, Grace Mugabe, menggugat seorang pengusaha asal Lebanon Jamal Joseph Ahmed. Gugatan tersebut diajukan karena Ahmed tidak mengirimkan cincin berlian seharga 1.23 juta dolar AS atau Rp 16.6 miliar yang sudah dipesannya.
ADVERTISEMENT
"Ibu negara Grace Mugabe menggugat pegusaha Jamal Joseph atas perjanjian pembelian cincin berlian seharga 1,23 juta dolar AS," sebut media lokal Zimbabwe Herald seperti dikutip dari AFP, Rabu (18/10).
"Ahmed melanggar kesepakatan karena tidak dapat mengirim cincin itu, dia telah memicu sebuah perselisihan hukum," sambung media tersebut.
Grace memesan cincin itu pada 2015 lalu. Cincin yang dipesannya mengandung 100 persen karat berlian.
Wanita berusia 52 tahun ini menginginkan cincin tersebut sebagai hadiah pernikahannya dengan Robert Mugabe.
"Pelaku sempat menawarkan cincin seharga 30 ribu dollar, tentu saja sang pengguggat tidak mau. Cincin itu berkualitas rendah," tulis The Herald yang merupakan media resmi Pemerintah Zimbabwe.
Grace pun meminta pengembalian semua uangnya. Tapi, Ahmed hanya bisa mengembalikan uang sebesar 120 ribu dollar.
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah dokumen pengadilan, Ahmed menyebut akan mengembalikan uang dengan cara mencicil. Ia pun mengklaim telah memberi Grace uang sebesar 150 ribu dollar.
Selain itu, Ahmed balik melaporkan Grace. Dia menuduh Grace mencoba menyita properti yang dimilikinya.
Tuduhan tersebut dibantah Grace. Dirinya menyebut adanya polisi yang mengerubungi rumah Ahmed karena pria itu telah melakukan kejahatan.
Ahmed merupakan pengusaha Lebanon yang memiliki izin menetap di Zimbabwe. Tetapi, dia saat ini sudah tidak tinggal di negara tersebut lagi.
Sebelum meninggalkan Zimbabwe, Ahmed mengakui mendapat ancaman dari Badan Intelijen Zimbabwe.
Grace menikah dengan Robert Mugabe pada 1996. Saat ini dia menjabat sebagai Ketua Liga Wanita, partai berkuasa Uni Nasional Afrika Zimbabwe-Front Patriot (ZANU-PF).
ADVERTISEMENT
Perempuan tersebut diprediksi tengah melakukan beberapa manuver politik untuk menggantikan posisi suaminya yang telah berusia 93 tahun.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white