• 2

12 Penumpang Perahu Terbalik di Sorong Berhasil Diselamatkan

12 Penumpang Perahu Terbalik di Sorong Berhasil Diselamatkan



Evakuasi Korban Kapal Terbalik Sorong

Foto evakuasi 12 penumpang kapal terbalik di perairan Sorong, Papua. (Foto: Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.)
Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) berhasil mengevakuasi 12 orang penumpang perahu rakyat (long boat) yang terbalik di perairan Sorong, Papua Barat pada Minggu (25/12). Seluruh penumpang yang merupakan wisawatan yang baru kembali dari Raja Ampat menuju Sorong tersebut ditemukan terombang-ambing di laut yang jaraknya sekitar 10 mil dari Pelabuhan Waisai.
"Dari radar kapal KN. 361 menunjukan adanya informasi satu titik yang perlu didalami. KN. 361 bergerak ke titik tersebut dan menemukan perahu rakyat yang terbalik dengan 12 orang penumpang," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Tonny Budiono, melalui siaran persnya, Senin (26/12). Seluruh penumpang tersebut sebagian besar berasal dari Manokwari.
Tonny mengatakan saat kejadian kondisi cuaca di wilayah perairan Sorong memang cukup buruk dengan gelombang mencapai 2 meter dan kecapatan angin 10 knot. Menurut dia, para wisatan tersebut seharusnya menggunakan kapal penumpang dari Sorong ke Raja Ampat. Namun libur Natal, kapal penumpang tersebut tidak beroperasi sehingga 12 penumpang tersebut nekat menggunakan perahu rakyat.
Menurut Tonny, kondisi cuaca yang tidak menentu pada akhir tahun harus terus diwaspadai. Sebelumnya, Ditjen Perhubungan Laut telah mengeluarkan maklumat pelayaran pada (22/12) tentang kesiapan menghadapi cuaca ekstrem dan gangguan keamanan selama libur Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

EkonomiKapal LautKecelakaanNatal 2016

500

Baca Lainnya