• 1

2017, Ekonomi Indonesia Diprediksi Membaik

2017, Ekonomi Indonesia Diprediksi Membaik



pembangunan jalan layang Semanggi

ruas jalan layang semanggi (Foto: Aditia Noviansyah)
Kepala ekonom Bank Mandiri, Anton Gunawan, memprediksi perekonomian Indonesia pada 2017 akan lebih baik. Dia optimistis ekonomi akan tumbuh mencapai 5,1 persen, naik dari proyeksi tahun ini sebesar 5 persen. “Sektor finansial, terutama dari financial market seperti valuta asing (valas) akan tumbuh membaik,” kata Anton dalam acara Review Macro Economic Outlook di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (22/12).
Menurut Anton, meskipun masih dibayangi ketidakpastian kondisi global, perekonomian Indonesia dalam lima tahun ini cukup stabil. Hal itu terlihat dari rata-rata pertumbuhan yang mencapai 5 persen, lebih baik dibanding negara lain seperti Malaysia dan Thailand.
Selain itu, kondisi tersebut juga dudukung stabilitas makroekonomi global yang terus membaik. Berdasarkan data World Bank, pertumbuhan ekonomi global pada tahun depan diprediksi mencapai 2,8 persen, naik dari tahun ini yang diproyeksikan berada di angka 2,4 persen.
Namun, Anton mengingatkan Indonesia untuk tetap waspada oleh kondisi ekonomi Cina dan terpilihnya Donald Trump menjadi Presiden Amerika Serikat. “Kekhawatiran ada sedikit dari Trump. Kita lebih affected (terpengaruh) ke Cina,” ujarnya.

PerbankanEkonomiKeuangan

500

Baca Lainnya