• 0

5 Catatan Kerusakan Jembatan Cisomang

5 Catatan Kerusakan Jembatan Cisomang



Jembatan Cisomang

Jembatan Cisomang Bergeser, Ke Bandung Via Tol Purbaleunyi Dialihkan (Foto: )
Jembatan Cisomang di tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) mengalami pergesaran. Akibatnya, truk besar dilarang melintasi jembatan dengan panjang 253,15 meter tersebut.
“Terjadi pergeseran pilar kedua yang sudah melebihi batas izin yang disyaratkan. Namun vibrasi jembatan masih dalam ambang batas aman,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Arie Setiadi Moerwanto, Jumat (23/12).
Akibat adanya pergeseran tersebut, hanya kendaraan golongan satu seperti kendaraan pribadi (sedan, jip, minibus), pikap/truk kecil dan bus, yang bisa melintas Tol Purbaleunyi. Sementara kendaraan truk besar tujuan Bandung atau tujuan Jakarta dialihkan.

Jembatan Tol Cisomang

Jembatan Tol Cisomang (Foto: Dokumen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

Berikut hasil pemeriksaan visual Direktorat Jenderal Bina Marga:
- Berdasarkan data hasil pemeriksaan visual, kondisi siar muai atau bahan yang dipasang di antara dua bidang lantai beton jembatan mulai rusak dan berlubang.
- Lapisan perkerasan mulai bergelombang pada tanah timbunan. Selain itu, ada keretakan beton dengan panjang retak hingga 1 meter.
- Berdasarkan pengukuran pada 9 November 2016, lebar celah siar muai pada pilar lima jembatan lebih dari 2 cm dan 1 cm pada pilar satu.
- Kondisi pelat lantai beton yang hancur di atas pilar satu jembatan.

Retakan Cisomang

Retakan di pilar beton Jembatan Cisomang (Foto: Jasa Marga)

- terjadi keretakan struktural pada pilar (P 0, P1, P2, dan P5) Lebar retak mencapai 0,2 hingga 0,4 milimeter. Selain itu, ada keretakan beton pada kepala pilar pertama jembatan (pierhead) dengan lebar reat 0,2 hingg 0,25 milimeter.
Sumber: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

BandungJembatan CisomangEkonomi

500

Baca Lainnya