• 0

Rudiantara: Facebook Pernah Saya Blokir!

Rudiantara: Facebook Pernah Saya Blokir!



Logo Facebook

Siluet seorang pria nampak tengah memegang handphone dengan logo Facebook di belakang (Foto: Reuters)
Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara mengklaim pernah memblokir Facebook. Rudi mengatakan pemblokiran dilakukan pada November lalu untuk dua fitur sehingga pengguna tidak bisa memasang iklan di situs sosial media milik Mark Zuckerberg itu.
"Pada ngeh tidak kalau Facebook sempat saya block. Jadi orang tidak bisa memasang iklan di sana," kata Rudi setelah menghadiri acara seminar nasional infrastruktur di Hotel Four Seasons, Jakarta, Kamis (22/12).
Rudi tak menjelaskan secara rinci alasan kenapa Facebook diblokir. Dia hanya mengatakan jika situs tersebut sebelumnya tidak mau bekerjasama dengan pemerintah untuk menjaga kepentingan bangsa Indonesia. "Tapi sekarang mereka sudah bekerjasama dengan menyiapkan tim untuk menyisir konten-konten yang boleh dikatakan melanggar aturan," kata Rudi.
Pemblokiran terhadap Facebook, kata Rudi, menunjukan jika pemerintah memiliki hak untuk mengatur konten di internet yang bertentangan dengan Undang-Undang di Indonesia. "Dan saya sudah melakukan itu, untuk kepentingan bangsa," ujarnya.
Sebelumnya, Rudiantara meminta agar perusahaan asing over the top (OTT) seperti Path, Facebook, Twitter, dan lainnya untuk berbentuk badan usaha tetap (BUT) di Indonesia. Kebijakan tersebut manjaring pajak dan melindungi data konsumen. Selain itu, Rudi juga meminta situs media sosial untuk menyaring konten yang memicu konflik.

Media SosialFacebookEkonomi

500

Baca Lainnya