• 1

Sri Mulyani Minta Google Patuhi Aturan Pajak di Indonesia

Sri Mulyani Minta Google Patuhi Aturan Pajak di Indonesia



Menkeu Sri Mulyani Tentang Pajak Google

Menteri Keuangan Sri Mulyani menjawab pertanyaan wartawan terkait pajak Google (Foto: Rivi Satrianegara)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memastikan akan terus mengejar perusahaan Google agar membayar pajak. Menurut dia, perusahaan asal Amerika Serikat tersebut harus menghormati aturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
"Yang ingin saya bangun adalah Anda punya bisnis di sini dan Anda menciptakan value di sini. Saya akan menghormati investasi yang mereka miliki. Di satu sisi, kalau ada pertambahan value dari kegiatan di sini, Indonesia patut mendapat haknya," kata Sri Mulyani usai memberi sambutan dalam seminar nasional infrastruktur di Jakarta, Kamis (22/21).
Sri mengaku yakin Google bisa memahami dan menghormati aturan pajak yang berlaku di Indonesia. Menurut dia, pemerintah dan Google saat ini masih menunggu kesepakatan soal kalkulasi nilai pajak. Dia berharap kedepan pembahasan soal nilai pajak tersebut bisa dibicarakan. "Proses ini bukan negosiasi, namun price collection," ujar Sri.
Menurut Sri, dari estimasi mengenai berapa volume dan nilai transaksi yang diklaim Google, pemerintah akan tetap memegang hitungan dari versi Direktorat Jenderal Pajak. “Yang bisa kami pegang adalah versi pemerintah," katanya.
Sebelumnya, Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi mengatakan kasus perusahaan raksasa penyedia layanan internet itu kini sudah masuk tahap penyelidikan dan sudah dilakukan bukti permulaan. Sebab, data yang dimiliki Ditjen Pajak dan Google soal nilai transaksi perusahaan tersebut berbeda.
Ditjen Pajak, kata Ken, akan menindak tegas Google jika tetap tak mau membayar pajak. “Kalau sudah punya tunggakan dan dia enggak bayar, urusannya sama Kasubdit Penangkapan. Ya bisa diimasukkan ke penjara,” kata Ken, kemarin.


EkonomiPajakGoogle

500

Baca Lainnya