• 1

Drama Korea Paling Hits Sepanjang 2016

Drama Korea Paling Hits Sepanjang 2016



Drama Korea

Drama Korea terfavorit 2016 (Foto: mydramalist.com)
Tahun 2017 tinggal menghitung hari. Drama Korea apa saja yang membuat tertawa, menangis, atau terkejut dengan ending-nya yang tak terduga di tahun ini? kumparan telah merangkumnya untuk kamu.

Signal

Drama Korea 2016 (Foto: Hancinema)
1. Signal
Genre: Kriminal, Drama, Investagasi, Misteri, Sains-Fiksi

Drama Korea Signal

Adegan Dalam Drama Korea Signal (Foto: foros.vogue.es)
Melalui sebuah walkie-talkie tua, Park Hae Yeong (Lee Je Hoon) yang bekerja sebagai polisi mampu berkomunikasi dengan detektif Lee Jae Han (Jo Jin Woong) yang berada di masa lalu. Bersama dengan detektif Cha So Hyun (Kim Hye Soo), Hae Yeong dan Jae Han berusaha memecahkan kasus yang tidak pernah terpecahkan sekaligus mengungkap rahasia besar di kepolisian.
Terinspirasi dari film ‘The Memories of Murder’ yang merupakan kisah nyata akan pembunuhan berantai di Hwaseong pada era 80-an, ‘Signal’ menghadirkan 16 episode yang terbilang sukses. Selain mendapatkan ulasan positif, serial drama yang satu ini mendapatkan rating 12,54 persen. ‘Signal’ menjadi drama dengan penilaian tertinggi kedua dalam sejarah televisi kabel di Korea.
Tidak cuma itu, drama yang disiarkan di channel tvN ini juga mendulang sejumlah penghargaan, mulai dari ‘Drama Terbaik’, ‘Skenario Terbaik’ untuk Kim Eun Hee, hingga ‘Aktris Terbaik’ untuk Kim Hye Soo di Baeksang Arts Awards ke-52.

Goblin

Drama Korea (Foto: Dramabeans)
2. Goblin
Genre: Melodrama, Romansa, Supernatural

Drama Korea Goblin

Adegan Dalam Drama Korea Goblin (Foto: Dramabeans)
Kim Shin (Gong Yoo) adalah ‘goblin’ yang hidup abadi sekaligus pelindung jiwa manusia. Agar tak lagi hidup abadi, ia harus mencari calon pengantin dari ras manusia untuk mengakhirinya. Ji Eun Tak (Kim Go Eun), siswi SMA yang juga dapat melihat hantu adalah pilihan Kim Shin untuk dinikahi.
‘Goblin’ ditangani oleh sutradara Lee Eung Bok dan penulis naskah Kim Eun Sook yang merupakan sosok di balik suksesnya serial drama ‘The Heirs’ dan ‘Descendants of the Sun’. Perusahaan analis data, Good Data Corporation, mengungkap bahwa ‘Goblin’ meraih peringkat pertama menurut penilaian Buzzworthy Drama, mengalahkan ‘Descendants of the Sun’. Perolehan ini didapat dari netizen Korea di blog, situs komunitas, dan media sosial.

Uncontrollably Fond

Drama Korea 2016 Uncontrollably Fond (Foto: Hancinema)
3. Uncontrollably Fond
Genre: Komedi, Melodrama, Romansa, Tragedi

Drama Korea Uncontrollably Fond

Adegan Dalam Drama Korea Uncontrollably Fond (Foto: KBS World)
Shin Joong Young (Kim Woo Bin) dan No Eul (Bae Suzy) masih muda ketika keduanya berpisah. Beberapa tahun setelahnya, mereka kembali dipertemukan untuk urusan pekerjaan. No Eul berperan sebagai produser untuk sebuah film dokumenter dengan Joong Young yang berprofesi sebagai aktor dan penyanyi terkenal sebagai tokoh utamanya. Joong Young yang masih mencintai No Eul pun berusaha merebut kembali hatinya.
Meski mendapat rating di bawah harapan dengan rata-rata 9,54 persen, drama ini mendapat respons positif dari penggemarnya di Asia. Di China, drama ini ditonton secara streaming bersamaan dengan penayangannya di Korea Selatan dan berhasil mendapat total 3,9 miliar views.

Descendants of the Sun

Drama Korea Descendants of the Sun (Foto: Hancinema)
4. Descendants of the Sun
Genre: Aksi, Komedi, Drama, Romansa

Drama Korea Descendants of the Sun

Adegan Dalam Drama Korea Descendants of the Sun (Foto: Soompi)
Drama mega-hit ini mengisahkan tentang kisah cinta antara dokter bedah Kang Mo Yeon (Song Hye Kyo) dan tentara elite Yoo Shi-Jin (Song Joong Ki) di daerah perang bernama Urk. Menampilkan perjuangan hidup, serial drama dengan 16 episode ini juga mengajak para penontonnya untuk mempelajari nilai-nilai kehidupan.
‘Descendants of the Sun’ mendapat tempat yang spesial di hati para penggemarnya atas hadirnya aktor Song Joong Ki yang baru saja menyelesaikan wajib militernya. Drama yang satu ini adalah salah satu drama tersukses di Korea Selatan dengan rating di atas 20 persen. Tak hanya di Korea Selatan, ‘Descendants of the Sun’juga sangat populer di China, Jepang, dan Thailand. Perdana Menteri Thailand, Prayut Chan-ocha pun terkesan dengan serial ini. Dia bahkan merekomendasikan warganya untuk ikut menonton drama tersebut.


Moonlight Drawn by Clouds

Drama Korea 2016 Moonlight Drawn by Clouds (Foto: Hancinam)
5. Love in the Moonlight
Genre: Komedi, Historis, Melodrama, Politik, Romansa

Drama Korea Moonlight Drawn by Clouds

Adegan Dalam Drama Korea Moonlight Drawn by Clouds (Foto: Asianwiki)
Drama berlatar era Joseon ini mengisahkan tentang Hong Ra On (Kim Yoo Jung) yang menyamar sebagai laki-laki dan membuka jasa sebagai penasihat hubungan cinta. Melalui profesinya tersebut, ia bertemu pangeran Hyo Myeong (Park Bo Gum). Ra On tidak tahu jika Hyo Myeong adalah pangeran, begitu juga dengan Hyo Myeong tak menyangka Ra On adalah seorang perempuan. Drama ini juga berfokus pada hubungan Ra On dan Hyo Myeong.
Serial drama yang diadaptasi dari novel ‘Moonlight Drawn by Clouds’ ini meraih kesuksesan di Korea Selatan dengan rating mencapai 23,3 persen. Media di Korea Selatan pun membuat istilah khusus untuk drama ini, yaitu ‘Moonlight Syndrome’ karena kepopulerannya.

W

Drama Korea W (Foto: Dramaterbaru)
6. W
Genre: Komedi, Fantasi, Melodrama, Romansa

Drama Korea W

Adegan Dalam Drama Korea W (Foto: Dokumentasi YouTube)
Drama romance ini mengisahkan seorang ahli bedah Oh Yeon Joo (Hyo Joo) yang terperangkap ke dalam dunia serial komik webtoon, W, dan terlibat kisah cinta dengan tokoh utama komik tersebut, Kang Cheol (Lee Jong-Suk). Yeon Joo akhirnya menyadari bahwa dia bisa masuk dan keluar dari dunia webtoon berdasarkan perasaan dari Kang Cheol.
Dengan rating yang mencapai 12,87%, drama ini menyuguhkan plot yang unik, ditambah dengan Han Hyo Joo sebagai aktris utamanya. Bagi kamu yang belum menonton drama ini, siap-siap dengan plot twist-nya, ya!

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Drama Korea 2016 (Foto: Hancinema)
7. Scarlet Heart Ryeo
Genre: Drama, Fantasi, Historis, Politik, Romansa, Tragedi

Drama Korea Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo

Adegan Dalam Drama Korea Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (Foto: Topstarnews)
Drama romantis bertema kolosal tampaknya belum kehilangan kepopulerannya. Serial ‘Scarlet Heart Ryeo’ yang diadaptasi dari serial drama asal China, ‘Palace: The Lock Heart Jade’ dan novel berjudul ‘Bu Bu Jing Xin’ karangan Tong Hua telah membuktikan popularitasnya. Kisah dimulai saat Go Ha Jin (IU) terperangkap di Dinasti Goryeo Korea. Jiwanya pindah ke tubuh perempuan aristokrat berumur 16 tahun bernama Hae Soo. Ha Jin pun menjadi saksi sekaligus berperan dalam konflik dan perjuangan antara ke-14 pangeran di Istana Wang. Masalah bertambah ketika beberapa pangeran jatuh cinta pada Ha Jin.
Meski mendapat penilaian yang tidak memuaskan di Korea Selatan, drama ini terbukti populer di berbagai negara lain, seperti China, Thailand, Hongkong, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan bahkan Los Angeles. Di Singapura dan Malaysia, drama ini mendapat respons positif. Sedangkan di China, ‘Scarlet Heart Ryeo’ mendapat 2,4 miliar views.

Another Miss Oh

Drama Korea 2016 Another Miss Oh (Foto: Hancinema)
8. Another Miss Oh
Genre: Komedi, Drama, Psikologis, Romansa, Supernatural

Drama Korea Another Miss Oh

Adegan Dalam Drama Korea Another Miss Oh (Foto: wowkeren)
Drama bergenre romantis ini mengisahkan dua wanita dengan nama yang sama, yaitu Oh Hae Yong (Seo Hyun Jin dan Jeon Hye Bin), yang bersama mulai dari SMA hingga di tempat kerja. Bedanya, yang satu bekerja sebagai team leader, sedangkan Oh Hae Yong yang satu lagi hanyalah seorang assistant manager. Seorang pria bernama Park Do Kyung (Eric Mun) yang mampu melihat masa depan hadir dalam kehidupan mereka.
Meskipun tayang terbatas di TV kabel, ‘Another Miss Oh’ adalah salah satu serial drama favorit. Drama ini meraih rating sebesar 6,88 persen dan merupkan nilai yang terbilang tinggi untuk rating sebuah serial drama di TV kabel. Kepopuleran drama ini tak hanya didukung oleh ide cerita dan plot yang unik, tapi juga kehadiran salah seorang anggota boyband SHINWA, Eric Mun, sebagai tokoh utama.

The K2

Drama Korea 2016 (Foto: Hancinema)
9. The K2
Genre: Drama keluarga, Romansa

Drama Korea The K2

Adegan Dalam Drama Korea The K2 (Foto: k2_tvn)
Serial ini mengisahkan Kim Je Ha (Ji Chang Wook), seorang bodyguard yang lebih dikenal dengan nama K2. Ia disewa oleh Choi Yoo Jin (Song Yoon Ah), istri calon presiden sekaligus anak dari keluarga chaebol untuk melindungi keluarga mereka. Penuh dengan intrik politik dan aksi, drama ini sangat menarik untuk ditonton.
‘The K2’ dapat respons positif dan pujian karena adegan action-nya. Tidak cuma itu, salah seorang anggota Girls’ Generation, Yoona, turut tampil dalam serial ini sebagai Go An Na, anak ‘haram’ dari calon presiden pada serial tersebut. Walaupun beberapa pihak sempat skeptis dengan kemunculan Yoona, nyatanya para penonton memuji kemampuan aktingnya. Dengan rating episode tertinggi yang mencapai 8,4 persen, ‘The K2’ menjadi salah satu serial drama terpopuler di 2016.

The Legends of the Blue Sea

Drama Korea 2016 (Foto: )
10. The Legend of the Blue Sea
Genre: Komedi, Drama, Fantasi, Romansa

Drama Korea The Legends of the Blue Sea

Adegan Dalam Drama Korea The Legends of the Blue Sea (Foto: Dramabeans)
Shim Chung (Jeon Ji Hyeon) adalah putri duyung dari era Joseon yang ‘terlempar’ ke dunia masa kini. Ia ditangkap oleh seorang penipu ulung bernama Heo Joon Jae (Lee Min Ho) yang wajahnya serupa dengan anak bangsawan dari Dinasti Joseon. Shim Chung yakin, Joon Jae adalah satu-satunya harapan Shim Chung untuk bisa selamat di dunia yang asing baginya.
Serial yang masih tayang hingga 19 Januari 2017 ini merupakan serial terakhir yang dibintangi oleh Lee Min Ho sebelum aktor berusia 29 tahun ini mengikuti wajib militer. Tak heran, serial ini menjadi begitu istimewa di mata penggemar dan pecinta serial drama Korea. Sejauh ini, rating ‘The Legend of the Blue Sea’ telah mencapai 18,9 persen. Tidak menutup kemungkinan jika drama ini mampu mendapatkan rating di atas 20 persen pada episode-episode mendatang.
Dari daftar drama Korea terbaik di atas, mana yang jadi favorit kamu? 

HiburanDramaDrama Korea

500

Baca Lainnya