• 0

Kalahkan Thailand, Myanmar ke Final Piala AFF U-19

Kalahkan Thailand, Myanmar ke Final Piala AFF U-19


Timnas Myanmar U-19

Timnas Myanmar di Piala AFF U-19 2018. (Foto: M. Risyal Hidayat/Antara)
Kedigdayaan Timnas Thailand U-19 mendadak sirna di fase gugur. Anak-anak asuh Kritsada Kaman kalah 0-1 dari Myanmar pada semifinal Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (12/7/2018) sore WIB.
Gol tunggal Myanmar dicetak oleh Win Naing Tun pada menit ke-87. Ini menjadi gol kedua yang bersarang ke gawang Thailand setelah lesakan Rifad Marasabessy pada laga pamungkas fase grup.
Paruh pertama berakhir dengan skor 'kacamata' karena serangkaian kegagalan kedua tim menembus kotak penalti. Bagi Thailand, kegagalan ini tergolong janggal karena mereka sempat mencetak 16 gol dalam lima pertandingan fase grup.
Baru setelah jeda lahirlah sejumlah ancaman dari kubu Thailand. Kurun 15 menit pertama babak kedua, mereka melepaskan dua percobaan, satu di antaranya bahkan membentur tiang.


Sementara, Myanmar baru meningkatkan intensitas serangan dalam 10 menit terakhir waktu normal. Dalam situasi serangan balik, umpan terobosan mengalir ke depan kotak penalti Thailand. Ada tiga pemain bertahan, tetapi tak satu pun mengawal Win Naing Tun sebagai sasaran umpan.
Pemain milik Yadanarbon FC itu lantas melepaskan tembakan mendatar. Bola sebetulnya tidak terlalu sulit dijangkau. Namun, buruknya antisipasi kiper Thailand melahirkan keunggulan untuk Myanmar.
Hingga peluit panjang berbunyi, Myanmar mampu mempertahankan keunggulan tersebut. Myanmar pun berhak melangkah ke pertandingan final yang berlangsung pada Sabtu (14/4). Ini adalah final keempat mereka di turnamen ini setelah edisi 2002, 2003, 2005.
Sebaliknya bagi Thailand, hasil ini mencoreng kiprah mereka pada Piala AFF U-19 2018. Mereka sempat menyapu bersih kemenangan di babak grup, termasuk dengan skor 2-1 ketika melawan Indonesia. Namun, memasuki fase yang lebih menentukan, pasukan Kritsada Kaman malah melempem.
Untuk partai puncak nanti, Myanmar harus menunggu lawannya. Penentunya adalah duel antara Timnas Indonesia U-19 dan Malaysia di stadion serupa pukul 19.00 WIB.


Sepak BolaSportsTimnas ThailandPiala AFF U-19 2018

presentation
500

Baca Lainnya