8 Cara Mengasah Keterampilan Problem Solving

seorang mahasiswa universitas nusa mandiri dengan jurusan sistem informasi yang pusing pemograman
Konten dari Pengguna
9 Agustus 2022 13:34
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari ANNISA SYAHARANI tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Photo from shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Photo from shutterstock
ADVERTISEMENT
Masalah merupakan hal yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan sehari-hari terlepas dari profesi mana pun, terlebih lagi saat kita memasuki dunia kerja dengan berbagai macam individu yang berinteraksi dan bekerja sama dengan kita, pastinya akan ada banyak perbedaan pendapat dengan pola pikir tersendiri, dengan inilah kemampuan problem solving penting untuk kita butuhkan dalam menyelesaikan masalah secara efektif.
ADVERTISEMENT

Apa itu problem solving?

Problem solving adalah kemampuan kita untuk mengidentifikasi masalah, lalu memecahkannya dengan solusi yang efektif.
Life skill ini sangat dibutuhkan oleh setiap individu, apalagi pada saat memasuki dunia kerja, dibutuhkannya pemikiran yang sistematis dan logis untuk menyelesaikan masalah.
Namun, bagaimana jika kita tidak memiliki kemampuan problem solving yang mumpuni?
Tentunya akan memakan waktu dan energi untuk menyelesaikan masalah secara efektif dan tepat, bayangkan jika kamu mempunyai masalah yang seharusnya bisa kamu selesaikan dengan efektif dan cepat, bisa memakan waktu dikarenakan kemampuan problem solving kamu yang buruk.
Apa saja yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan problem solving, yuk kita simak penjelasan di bawah ini!

1. Memperluas wawasan pengetahuan

Perluas pengetahuan yang diminati ataupun yang nantinya akan anda butuhkan, dengan mempunyai wawasan yang luas, maka ketika menyelesaikan masalah akan lebih mudah dikarenakan kita sudah mempunyai pengetahuan yang mumpuni akan solusi masalah tersebut, dengan hal ini membuat kita bekerja secara efektif tentunya.
ADVERTISEMENT

2. Mengubah pola pikir.

Selanjutnya, untuk meningkatkan kemampuan problem solving mengubah mindset yang ada di dalam dirimu dengan berpikir bahwa masalah bukanlah sesuatu beban yang hanya akan menghambat kamu, tetapi masalah adalah sebuah tantangan untukmu bertumbuh lebih kuat.
Dengan mengubah mindset kamu, stres yang kamu dapat akan berkurang dan membuatmu lebih mudah dalam menganalisis dan menyelesaikannya dengan tepat.

3. Berlatih menyelesaikan masalah

Pernahkah kamu kesulitan untuk mengerjakan soal matematika. Akan tetapi, dengan kamu terus berlatih untuk mengerjakan soal akhirnya kamu dapat menguasai soal tersebut, sama dengan problem solving kita bisa menganggap bahwa masalah, seperti soal matematika jika kita terus berlatih soal tersebut, maka kita akan dengan mudah untuk menyelesaikan soal tersebut.
ADVERTISEMENT
Contohnya kamu bisa dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan problem solving ataupun melatih dengan skenario kasus masalah secara daring dan juga kamu bisa membantu temanmu dalam menyelesaikan masalah yang dia hadapi.
Beberapa skenario masalah yang mungkin kamu dapatkan di dunia perkuliahan, seperti bagaimana mengatasi dosen yang sulit diajak berkomunikasi, bagaimana caranya mendapatkan nilai yang baik pada mata pelajaran yang sulit dan sebagainya.

4. Menggunakan metode mind mapping

Apa itu mind mapping? Dikutip dalam laman gramedia.com bahwa mad mapping adalah adalah salah satu metode belajar yang dirancang dengan cara memetakan informasi dalam bentuk grafis. Mind mapping dapat dipetakan menggunakan garis percabangan, gambar, maupun kata kunci yang saling berkaitan.
Metode ini berguna untuk kamu memahami gambaran suatu masalah dengan meletakan berbagai informasi yang ada sehingga lebih mudah untuk dipahami.
ADVERTISEMENT
Manfaat lainnya adalah membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan berimajinasi, berkonsentrasi, dan mengingat sehingga mampu mengembangkan kemampuan problem solving kamu.

5. Mengamati bagaimana orang lain di sekitarmu dalam memecahkan masalah

Melihat bagaimana orang lain menyelesaikan masalah dapat membuatmu terinspirasi dalam menemukan cara-cara yang bisa kamu terapkan dalam memecahkan masalah, contohnya ketika temanmu memecahkan masalah, lalu kamu dapat menganalisis melalui masalah tersebut. Kamu juga dapat bertanya kepada senior kamu tentunya.

6. Menyelesaikannya secara bertahap

Dalam menyelesaikan masalah sebaiknya kita jangan terlalu berpusat pada solusi akhir, kita juga perlu melakukannya secara bertahap dengan mengidentifikasikan masalah, lalu mencari penyebab dari masalah dan akhirnya menemukan solusi yang tepat, dengan langkah ini kamu bisa melatih kemampuan mengatur strategimu dan dapat memecahkan masalah dengan tepat
ADVERTISEMENT

7. Melatih kemampuan berkomunikasi

Kemampuan komunikasi juga penting kamu kuasai untuk meningkatkan kemampuan problem solving kamu, kemampuan komunikasi bermanfaat untuk menyampaikan suatu hal yang akan diterima oleh lawan bicara kita jika kita kemampuan komunikasi kita buruk, maka nantinya akan ada kesalahpahaman, tentunya hal tersebut bisa merugikan kamu.

8. Menikmati setiap proses yang ada

Saya dibangun dengan proses hal-hal kecil setiap harinya dan hasil akhir tidak lebih dari produk sampingan dari proses tersebut.

Memfokuskan diri pada proses juga dapat membantu kamu untuk memecahkan masalah, dengan menghargai proses yang telah kamu lalui kamu akan sadar dirimu sudah berkembang, dengan menyadari kemampuanmu, kamu akan dapat yakin untuk memecahkan masalah tentunya
Inilah cara-cara yang bisa kamu terapkan dalam mengasah kemampuan problem solving kamu, dengan meningkatkan kemampuan ini kamu dengan mudah dapat memecahkan masalah yang ada di sekitar lingkunganmu, nikmatilah setiap proses yang ada jangan terlalu berfokus terhadap hasil akhir, tetapi hargailah setiap langkah dari dirimu, tunggu apalagi ayo asah kemampuan problem solving kamu!
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020