kumplus- Opini Anto Arief- Norah Jones

20 Tahun Come Away With Me: Album (Bukan) Jazz Norah Jones

Pemred Pophariini.com. Suka membaca tentang musik dan subkultur anak muda. Pernah bermain gitar untuk Tulus nyaris sewindu, lalu bernyanyi dan bermain gitar untuk 70sOC.
8 Juli 2022 14:52
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Norah Jones, kini 43 tahun, dalam wawancaranya di situs salon.com memberikan sanggahan tentang album debutnya yang kini berumur 20 tahun. Menurutnya album Come Away With Me (2002) yang dirilis oleh label Blue Note bukan album jazz. Meskipun industri musik dan pendengarnya berpendapat berbeda.
Norah mengambil kuliah musik jurusan piano jazz di University of North Texas. Setelahnya pindah ke New York, dan seperti kebanyakan musisi muda, ia pun menjalani kehidupan ganda. Bekerja sambilan sebagai pramusaji di siang hari, dan tampil reguler dengan grup trio nya di klab jazz dan restoran di New York membawakan nomor-nomor jazz standard klasik. Dan seperti kisah dalam film-film, dirinya dilirik oleh salah satu petinggi label Blue Note Records, yang membawanya kepada proses rekaman album perdana.
Lantas ia melibatkan beberapa rekan-rekan musisi jazz-nya dalam pengerjaan album perdananya ini. Meskipun begitu, di album perdananya ini Norah emoh merekam album jazz biasa. Musisi yang dilahirkan dan tumbuh di Texas itu lantas meramu musiknya dengan sentuhan country/folk sebagai bentuk penghargaan akan akar musik dirinya. Ini pula yang membuat dirinya emoh melabeli album perdananya sebagai album jazz.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Image remaja yang dibawakan Christina Aguilera berubah saat ia mengambil alih konsep artistik saat merilis album Stripped. Baca ulasan @antoarief di @kumparanplus
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten