kumplus- Opini Ario Tamat

Peneguhan Hak Kreator Adalah Tanggung Jawab Kita Bersama

Failed Musician, Reformed Gadget Freak and Eating Extraordinaire. Previously Wooz.in and Ohdio.FM, now working on karyakarsa.com
16 Agustus 2022 14:07
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Sebagai kreator yang lebih banyak gagalnya, saya kagum sekali dengan kreator-kreator yang produktif. Gak ada angin gak ada hujan bisa tiba-tiba bikin cerpen lagi, bikin lagu lagi, bikin komik lagi. Dorongan untuk berkreasinya, yang biasanya dibantu dengan latihan bertahun-tahun sehingga apa yang mereka lakukan nampak effortless, sungguh adalah bakat yang hanya menyentuh orang-orang terpilih.
Sayangnya banyak di antara mereka tak peduli atau belum paham akan potensi bisnis dari daya kreasinya. Padahal kreator yang berhasil menjadikan kegiatan kreasinya sebagai karier adalah mereka yang setidaknya paham bisnis; paham bagian hukumnya, termasuk soal Hak Kekayaan Intelektual (HKI); dan paham soal siapa saja yang bisa membantu mengurus hal-hal tersebut. Tanpa itu, kreator-kreator yang sebenarnya sangat berbakat memikat penggemar dengan karyanya belum tentu bisa hidup dari hasil kreasinya, sehingga ia terpaksa mencari sesuap nasi dengan mengerjakan hal lain, atau tetap berkarya tanpa peduli soal monetisasi.
Kelompok muda-mudi di balik Citayam Fashion Week adalah salah satu contohnya. Kegiatan mereka—setidaknya dari pengamatan saya—terlihat spontan namun konsisten, dan secara organik melahirkan kebiasaan yang terinspirasi dari fashion show dunia yang bagi sebagian besar orang (termasuk saya) hanya bisa dilihat lewat layar. Secara naluriah, Dukuh Atas, Jakarta, dipilih sebagai tempat mengekspresikan interpretasi diri mereka sendiri karena di daerahnya sendiri belum tentu ada ruang publik yang sesuai.
Lanjut membaca konten eksklusif ini dengan berlangganan
Keuntungan berlangganan kumparanPLUS
check
Ribuan konten eksklusif dari kreator terbaik
check
Bebas iklan mengganggu
check
Berlangganan ke newsletters kumparanPLUS
check
Gratis akses ke event spesial kumparan
check
Bebas akses di web dan aplikasi
Kendala berlangganan hubungi [email protected] atau whatsapp +6281295655814
Berkat tekanan masyarakat, pendaftaran HKI dari Citayam Fashion Week memang batal. Namun kita kembali diingatkan betapa pentingnya kesadaran soal HKI, terutama bagi kreator. Baca esai Ario Tamat di daftar konten.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten