kumparan
21 Sep 2017 22:33 WIB

Manfaat Bermain Untuk Anak

Dunia anak adalah dunia bermain. Setiap hari tidak pernah lepas dari bermain. Kadang kala, orang dewasa sering merasa khawatir jika anaknya sering bermain. Mereka beranggapan bahwa bermain hanya sebagai kesenangan semata dan tidak ada gunanya. Padahal, banyak sekali manfaat dari bermain. Berikut ini 10 manfaat dari bermain bagi anak, terutama bagi anak yang usia dini (0-6 tahun):
ADVERTISEMENT
1. Belajar menentukan pilihan
Saat bermain, biasanya anak akan memilih ia mau main apa, main di mana, dengan siapa ia mau bermain, dan bagaimana cara memainkan mainannya.
2. Meningkatkan rasa percaya diri
Saat bermain, anak akan berinteraksi dengan temannya. Ia bisa belajar berkompromi dan bernegosiasi. Ada kalanya saat bermain ia juga gagal. Saat seperti ini, anak akan terlatih percaya diri dan juga berlatih bertanggung jawab.
3. Melatih mental anak
Imajinasi sering kali terasah saat anak bermain. Ia akan juga mengekspresikan pengetahuan yang ia miliki sekaligus bisa juga mendapatkan pengetahuan lain dari permainannya.
4. Meningkatkan kreativitas
Kreativitas akan berkembang saat bermain. Kadang, ia bahkan akan menciptakan mainan sendiri yang seringkali tidak terpikir oleh orang dewasa.
ADVERTISEMENT
5. Anak bisa belajar bersosialisasi
Ketika bermain, terutama saat bermain bersama teman-temannya, anak akan belajar bagaimana berteman, bagaimana cara berbincang dengan teman, dan juga bagaimana bernegosiasi dengan teman ataupun orang tua.
6. Melatih motorik dan kemampuan analisisnya
Melalui permainan, anak bisa menyeimbangkan kemampuan motorik kasar dan halusnya. Begitu pula saat ia menghadapi masalah, ia berusaha menemukan bagaimana caranya untuk memecahkan masalah di permainannya tersebut.
7. Menyalurkan energi dan meningkatkan ketangkasan
Anak-anak tenaga sungguh luar biasa. Terutama anak laki-laki. Biarkan anak bermain karena kalau tidak ia justru akan membuat kekacauan. Permainan seperti bermain bola, melompat satu kaki, melempar balon adalah beberapa permainan rumahan yang teruji dapat meningkatkan ketangkasan anak.
8. Mengenal baik/buruk
ADVERTISEMENT
Saat bermain, anak bisa sambil dikenalkan, mana sikap yang baik dan mana sikap yang kurang baik.
9. Meningkatkan fungsi panca indra
Dengan bermain, anak akan mengetahui jenis – jenis warna, suara, rasa, dan tekstur (halus/kasar).
10. Meningkatkan kecerdasan emosi dan berbahasa
Saat bermain, anak-anak akan berbicara dengan mainannya ataupun juga dengan temannya. Permainan seperti bermain balok, puzzle, petak umpet, main tebakan, membaca buku bisa meningkatkan kemampuan berbahasa dan emosi anak.
Mengetahui banyak manfaat saat mengajak anak bermain, seharusnya orang tua tidak ragu untuk mengajak anaknya bermain. Sediakan ruang bermain yang aman dan nyaman di rumah. Perlu juga anak diajak main keluar rumah dan juga tempat umum. Asalkan tetap dalam pengawasann dan penuh kehati-hatian. Jauhkan dari benda tajam, sengatan listrik, hewan buas, dan tempat yang tidak aman.
ADVERTISEMENT
Ide permainan anak yang aman dan nyaman bisa dicari di Pinterest ataupun Google. Sudah banyak yang berbagi caranya. Gunakan XL saat kita searching mencari ide permainan untuk anak kita.
Dengan bermain, diharapkan anak-anak bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal, sehat secara fisik dan jasmani. Mereka bisa memiliki masa kecil yang membahagiakan, penuh semangat dan juga memori yang indah untuk dikenang. Mereka tumbuh menjadi pribadi lebih percaya diri dalam bergaul, cerdas, dan mandiri di masa depan. Aamiin.
Baca artike selengkapnya di sini
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan