7 Trik Ampuh Bikin Dapur Mungil Terasa Nyaman Maksimal

Arsitag.com
Bangun aman, nyaman dan transparan dengan ARSIpro. www.arsitag.com/arsipro
Konten dari Pengguna
12 Juli 2019 15:04 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Arsitag.com tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ukuran dapur yang kecil sesungguhnya bukan penghalang untuk merancang dapur yang nyaman. Tentu saja beberapa hal perlu disiasati supaya dapur kecil bisa berfungsi maksimal, rapi, cantik, dan nyaman. Beberapa contohnya bisa terkait dengan penyimpanan peralatan-peralatan dapur, pemilihan peralatan, dekorasi dapur hingga kombinasi warna-warna. Nah, apakah Anda butuh inspirasi untuk menciptakan atau merenovasi dapur kecil? Yuk, simak inspirasi dapur mungil nan cantik dan nyaman berikut ini!
ADVERTISEMENT
Dapur kecil dan meja makan di Daan Mogot Apartment, karya Jerry M. Febrino, via: arsitag.com
Menggabungkan dapur dan meja makan menjadi cara yang jitu agar fungsi dapur mungil menjadi semakin optimal dan nyaman. Contohnya seperti pada inspirasi ini. Sebuah meja makan kecil ditambahkan menempel di dekat dapur. Keuntungannya, meja makan tersebut bisa berfungsi ganda. Selain sebagai meja makan, meja bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk meracik bahan-bahan makanan saat sedang memasak.
Jangan biarkan ada ruang tersisa di dapur mungil Anda, manfaatkan setiap celah dengan optimal. Untuk peralatan dapur, jangan ragu menyimpannya di bagian atas dapur seperti di bagian atas lemari penyimpanan yang masih tersisa. Mangkok, toples, dan teko yang disusun rapi di bagian atas lemari penyimpanan justru tampak sebagai dekorasi dapur yang cantik, bukan? Pada inspirasi ini pula, dinding dapur dimanfaatkan dengan baik untuk meletakan peralatan dapur. Talenan kayu berukuran besar digantungkan di dinding dapur dan membuat tampilan dapur tampak manis.
ADVERTISEMENT
Jumlah lemari penyimpanan yang terbatas mengharuskan Anda memanfaatkannya dengan maksimal. Misalnya saja dengan menambahkan rak-rak di dalam lemari agar benda-benda kecil bisa disusun dengan rapi dalam jumlah yang banyak. Sebaliknya, lepaskan rak-rak dalam lemari jika ingin menyimpan barang-barang berukuran besar. Pilih model laci lemari yang bisa ditarik untuk memudahkan mengambil barang-barang yang disimpan.
Cahaya yang cukup menjadi salah satu trik untuk membuat dapur mungil lebih terang dan nyaman. Pada inspirasi ini, jendela kaca berukuran besar ditambahkan pada salah satu sisi dapur sehingga cahaya matahari bisa menerangi dapur dengan baik. Dengan cara ini pula, dapur menjadi lebih hemat energi karena Anda tak perlu menyalakan lampu sepanjang waktu untuk penerangan.
ADVERTISEMENT
Pemilihan perlengkapan dapur pun wajib diperhatikan. Dengan ukuran dapur yang kecil, sebaiknya hindari membeli berbagai perlengkapan dapur berukuran besar. Pilih perlengkapan dapur berukuran kecil atau sedang untuk memudahkan penggunaan dan juga penempatannya. Sesuaikan ukuran kitchen sink, kompor, meja, hingga kitchen cabinet dengan ruang yang tersedia. Selain itu, belilah perlengkapan dapur sesuai dengan kebutuhan saja. Hindari membeli perlengkapan dapur yang jarang digunakan agar dapur tak penuh sesak dan tetap nyaman.
Pertimbangkan pula untuk memilih peralatan dapur modern. Peralatan dapur modern yang multifungsi akan membuat dapur kecil lebih rapi dan efektif. Sebagai contohnya yaitu alat masak air fryer yang bisa digunakan tanpa minyak dan dapat dipakai untuk berbagai masakan. Ada pula kompor tanam flush atau permukaan kompor yang rata dengan top table, ataupun lemari pendingin yang memiliki fitur minibar dan penampung air.
ADVERTISEMENT
Dominasi warna putih memang menjadi warna yang paling direkomendasikan untuk dapur mungil. Dominasi warna putih akan membuat dapur berukuran kecil tampak lebih luas, terang, dan rapi. Namun jika dapur yang serba putih tampak membosankan, Anda bisa memadukan warna putih dengan warna lain. Pada inspirasi ini, dapur kecil terlihat manis dengan perpaduan warna putih dan warna telur asin yang lembut. Aksen kayu pada lantai dapur juga memberikan sentuhan yang hangat.