News
·
2 April 2021 5:52

Tipe Orang Cerdas Dalam Menghadapi Masalah

Konten ini diproduksi oleh Asep Totoh
Ketika dan selama manusia hidup, sebagai individu, kelompok atau masyarakat, keniscayaan dan tidak akan mungkin untuk tidak pernah memiliki masalah. Bahkan untuk golongan masyarakat yang paling sejahtera dan modern pun pasti akan diterpa masalah, yang harus diselesaikan atau diatasi dengan baik.
ADVERTISEMENT
Ketika menyikapi setiap masalah yang selalu datang menghampiri, paling penting dan yang benar harus kita lakukan adalah selalu siap menghadapi dan mengatasinya. Di saat terdapat banyak masalah yang datang, maka sebanyak itu pula kesiapan kreativitas dan kemampuan mengatasinya harus siap menghadapi dan menyelesaikannya.
Pribadi yang cerdas selalu memiliki fondasi sikap setiap kali menjumpai masalah adalah usaha mengatasi masalah, dengan ‘’Selalu berorientasi kepada pemecahan masalah, dan bukan mempermasalahkan masalahnya’
Dengan memiliki kemampuan dan kecepatan dalam menentukan kapan masalah akan bisa dipecahkan, pribadi yang cerdas selalu punya mind-set atau seperangkat kerangka pemikiran yang memberikan cara pandang terhadap sebuah masalah. Dengan mind-set atau kerangka pemikiran tersebut akan lahir know-how, atau langkah-langkah strategis yang paling baik dalam memecahkan masalah.
Tipe Orang Cerdas Dalam Menghadapi Masalah (365028)
Ilsutrasi orang miskin dan masalahnya, foto: Pixabay
Sebagai pribadi yang cerdas, ketika menghadapi dan memecahkan masalah memiliki ciri atau cara :
ADVERTISEMENT
Pertama : Memahami dan Tanggap Masalah
Kedua : Kreatif dan inovatif
Ketiga : Memilih solusi yang efektifit dan efisiensi ( Cost effectively)
Keempat : Menjaga harkat dan martabat.
Kelima : Tidak berlarut-larut, tepat waktu (Timely proper)
Keenam : Melihat kembali (looking back) dan Tanpa masalah lanjutan.
Senyatanya setiap masalah pasti ada solusinya, setiap kesulitan pasti ada kemudahan dan barang siapa yang bersungguh-sungguh, dia pasti berhasil (Man Jadda Wa Jadda).
**Asep Totoh - Dosen Ma'soem University, Kepala HRD Yayasan Pendidikan Bakti Nusantara 666 Cileunyi. Kab.Bandung.