Pencarian populer
USER STORY
17 Mei 2018 4:31 WIB
..
..

19+1 Rekor Mohamed Salah dalam Semusim

(Sumber Foto : Liverpoolfc.com )

Penampilan Mohamed Salah bersama Liverpool di Liga Inggris berakhir dengan gemilang pada Minggu (13/5) saat ia mencetak sebuah gol di menit 26 dalam laga melawan Brighton di Stadion Anfield yang berakhir dengan kemenangan telak 4 gol tanpa balas.

Satu gol Salah di pertandingan ke-38 bersama Liverpool itu menggenapkan total golnya di musim Liga Primer tahun ini menjadi 32 gol, yang tak hanya mengantarkannya "menggigit" Sepatu Emas musim ini namun juga melampaui pemegang rekor gol terbanyak di liga Inggris sebelumnya.

Tiga pemegang rekor gol terbanyak liga Inggris sebelumnya hanya mencetak 31 gol, antara lain Luis Suarez (Liverpool, 2013-14), Cristiano Ronaldo (Manchester United, 2007-08) dan Alan Shearer (Blackburn Rovers, 1995-96).

Tapi menggigit Sepatu Emas dengan melampaui Ronaldo, Suarez, dan Shearer hanyalah salah satu rekor yang dibuat Mo Salah musim ini. Liverpool di laman resminya mengunggah rekor demi rekor yang dibuat oleh Mohamed Salah sejak debut pertamanya pada Agustus hingga Mei sebelum pertandingan Final Liga Champion melawan Real Madrid pada tanggal 27 nanti.

1. Menyamai 12 Pemain Liverpool Sebelumnya yang Mencetak Gol dalam Penampilan Debut

Pada bulan Agustus 2017 di pertandingan perdananya setelah dibajak dari AS Roma, Salah hanya membutuhkan waktu 57 menit untuk mencetak gol debutnya untuk Liverpool. Gol Salah yang membantu Liverpool mengamankan hasil imbang 3-3 melawan Watford pada hari pembukaan musim Liga Primer itu membuatnya menyamai rekor 12 pemain Liverpool sebelumnya yang mencetak gol pada penampulan debut mereka, seperti Fowler, Owen, Heskey, Tores, dan Suarez.

2. Pemain Terbanyak yang Meraih Liverpool Player of the Month (LFC POTM)

Setelah mencetak tiga gol dan memberikan dua assist dalam lima pertandingan pertamanya, Salah langsung merebut gelar Pemain Terbaik Club Liverpool untuk Bulan Agustus dan berturut merebutnya kembali penghargaan pada bulan September. Dia kini telah memenangkan tujuh penghargaan LFC POTM dan menjadi rekor klub dalam satu musim.

3. Membawa Mesir ke Piala Dunia

Ini bukan benar-benar sebuah rekor, tetapi selama jeda internasional bulan Oktober, Salah mencetak dua gol - termasuk penalti di menit 95 - saat Mesir mengalahkan Kongo 2-1 dalam kualifikasi Piala Dunia yang membuat negeri Firaun itu melaju ke putaran final untuk pertama kalinya sejak 1990.

( Liverpoolfc.com )

4. Pemain Liverpool Tercepat yang Mencetak Gol ke-10 di Liga Primer

Gol tunggal Mo Salah yang menyelamatkan Liverpool dari kekalahan saat melawan Chelsea pada bulan November membuat statistik golnya mencapai angka 10 hanya dalam 13 pertandingan dan tidak ada pemain Liverpool yang pernah melakukan lebih cepat dari itu. Salah menyamai tonggak sejarah yang sebelumnya hanya dipegang oleh Daniel Sturridge.

5. Menyamai Rekor Tahun Baru Roger Hunt di Musim 1961-62

Mo Salah dengan 2 golnya membawa Liverpool memenangkan pertandingan pada 30 Desember melawan Leicester City yang hanya mencetak 1 gol di pertandingan terakhir tahun 2017. Gol itu membuat total keseluruhan gol Mo Salah menjadi 23 gol hanya dalam 29 pertandingan.

Tidak ada pemain yang pernah mencetak lebih banyak dari itu dalam tengah musim sebelum pergantian tahun dan dia menyamai rekor klub yang dipegang Roger Hunt dari musim 1961-62.

6. Mencapai Gol ke-25 Tercepat Dalam 102 Tahun Liverpool

Gol babak kedua Salah dalam pertandingan Liverpool di Piala FA melawan West Bromwich Albion di bulan Januari 2018 membuatnya mencetak 25 gol untuk The Reds hanya dalam 32 penampilan - membuatnya menjadi pemain tercepat untuk mencapai seperempat abad selama lebih dari 102 tahun.

Hanya George Allan (1895-96) dan Fred Pagnam (1914-15) yang telah membuat jumlah gol yang sama dalam permainan lebih sedikit.

(Kumparan.com)

7. Pemain Liverpool Tercepat yang Mencetak 20 Gol di Liga Primer

Salah mencetak dua gol dalam hasil imbang 2-2 melawan Tottenham Hotspur pada bulan Februari yang membawanya secara total mencetak 21 gol Liga Primer untuk The Reds hanya dalam 25 penampilan - mengalahkan Fernando Torres dan Sturridge dalam mencetak 20 gol dengan pertandingan paling sedikit.

Pemain LFC No.11 ini juga secara langsung terlibat dalam 27 gol di liga, pemain paling banyak dalam 25 penampilan pertama mereka untuk klub dalam kompetisi.

8. Pemain Mesir dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Liga Primer, Mengalahkan Mido

Masih di bulan Februari, Salah menerima ucapan selamat melalui Twitter dari Mido, pemain Mesir pertama yang mencetak 22 gol selama bermain di Liga Inggris dari 2004 - 2010 bersama 4 tim yang berbeda, Tottenham, Middlesbrough, West Ham United, dan Wigan Athletic.

Di musim yang buruk bersama Chelsea, Salah hanya mencetak 2 gol di penampilan Liga Primer, tapi di pertandingan melawan Spurs yang berakhir imbang 2-2 pada 4 Februari di Anfield itu, Salah mencetak 2 gol menambah catatan golnya menjadi 23 gol dan mengalahkan rekor pemain Mesir sebelumnya, Mido.

9. Gol Kaki Kiri di Semusim Liga Primer

Pada 25 Februari 2018, Salah mencatatkan gol ke-20 yang semuanya ia buat dengan kaki kiri dalam kemenangan 4-1 melawan West Ham United untuk mengalahkan rekor gol kaki kiri Liga Primer yang dipegang oleh legenda Liverpool Robbie Fowler.

Fowler mencetak 19 gol dengan kaki kirinya selama musim 1994-95, sementara Salah telah meningkatkan patokan menjadi 25 pada akhir musim ini.

10. Pemain Terbanyak Penerima Premier League POTM Dalam Satu Musim

Setelah meraih penghargaan Premier League Player of The Month (POTM) pada November 2017 dan Februari 2018, Salah kembali menambah penghargaan sebagai pemain terbaik liga pada bulan Maret untuk menjadi pemain pertama yang memenangkan tiga kali POTM Liga Primer dalam satu musim.

Pemain Tottenham Hotspur Jurgen Klinsmann memenangkan penyelenggaraan POTM pertama kali pada bulan Agustus 1994 dan sejak itu belum pernah ada pemain yang memenangkannya lebih dari dua kali dalam satu musim.

(Kumparan.com)

10. Gol Terbanyak oleh Pemain Debutan Liverpool

Hanya butuh sampai bulan Maret bagi Mo Salah untuk menyalip rekor pemain debutan Liverpool dengan gol terbanyak di semua kompetisi yang sebelumnya dipegang Fernando Tores dengan 33 gol. Mo Salah menjaringkan empat gol untuk kemenangan telak Liverpool 5-0 melawan Watford untuk membawa jumlah gol totalnya menjadi 36 gol di semua kompetisi.

Salah telah melanjutkan rekornya dan makin jauh meninggalkan patokan lama jumlah gol debutan dengan kini telah mencetak total 44 gol di semua kompetisi dan masih menyisakan satu pertandingan final Liga Champions melawan Real Madrid pada akhir bulan ini.

11. Pemain Mesir Pertama yang Mencetak Hatrick di Liga Primer

Empat gol Mo Salah ke gawang Watford membuatnya tercatat sebagai pemain Mesir pertama yang mencetak hatrick (yang berarti juga quatrick pertama) di Liga Inggris. Mesir adalah negara Afrika ke-10 untuk memberikan pencetak hat-trick dalam kompetisi Inggris dan menjadi bangsa ke-43 secara keseluruhan.

12. Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak Semusim Liga Primer

Salah mencetak golnya yang ke-30 di Liga Primer musim ini dalam kemenangan 3-0 melawan Bournemouth di bulan April yang melampaui rekor Didier Drogba untuk gol terbanyak yang dicetak oleh pemain Afrika dalam satu musim di Liga Primer Inggris.

Striker Pantai Gading Drogba mencetak 29 gol untuk Chelsea selama musim 2009-10, sementara Salah mengakhiri musim sebagai pencetak gol terbanyak 2017-18 dengan 32 gol.

13. Pemain Liverpool Tercepat yang Mencetak 40 gol

Gol sundulan cantik melawan Bournemouth di pertengahan April itu juga membawa Salah mencapai 40 gol di semua kompetisi dan sekaligus mencatatkan dirinya sebagai pemain Liverpool yang mencatat 40 gol tercepat - hanya dalam 45 pertandingan - mengalahkan catatan sebelumnya yang dibuat George Allan dalam 49 pertandingan, Jack Parkinson 60 pertandingan, Robbie Fowler 61 dan Daniel Sturridge 65 pertandingan.

14. Gol Terbanyak Liga Champion oleh Pemain Liverpool

Salah mencetak dua gol dalam kemenangan 5-2 melawan mantan klub AS Roma pada 24 April untuk menjadi pemain Liverpool pertama yang mencetak 10 gol dalam satu musim Liga Champions.

Namun, rekor pemain Mesir ini hanya berlangsung selama 38 menit ketika Roberto Firmino mengantongi dua gol dalam pertandingan yang sama untuk menyamakan perolehan golnya.

15. Bagian dari Trio Pencetak Skor Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions

Dengan Sadio Mane juga mencetak gol dalam pertandingan melawan Roma di Anfield itu, trio sriker Liverpool menetapkan patokan baru sebagai trio pencetak skor tertinggi untuk sebuah klub di Liga Champions.

Trio Liverpool ini telah mencetak 29 gol - Salah (10), Firmino (10), Mane (sembilan) - mengalahkan trio Madrid, Ronaldo, Gareth Bale dan Karim Benzema, yang menjaringkan 28 gol pada musim Liga Champion 2013-14.

(Kumparan.com)

16. Rekor Pencetak Gol Terbanyak Liga Primer Inggris dalam Satu Musim

Salah menjadi pencetak gol paling produktif yang pernah ada dalam 38 pertandingan musim Liga Primer ketika ia mencetak gol pembuka dalam kemenangan 4-0 atas Brighton pada hari terakhir musim 2017/2018 yang terjadi di 13 Mei di Anfield.

Gol itu membawa keseluruhan golnya menjadi 32, mengalahkan rekor 31 gol yang dicetak Shearer (Blackburn, 1995-96), Ronaldo (Manchester United, 2007-08) dan Suarez (Liverpool, 2013-14).

17. Gol dalam Pertandingan Terbanyak dalam Semusim Liga Primer

Gol terakhir Mo Salah di pertandingan terakhir hari itu juga membuat Salah telah mencetak gol dalam 24 pertandingan Liga Primer yang mematahkan rekor sebelumnya dengan 21 pertandingan dari total 38 pertandingan semusim yang dipegang oleh dua pemain Manchester United, Ronaldo (2007-08) dan Robin van Persie (2012-13) .

18. Mencetak Gol ke Gawang 17 Tim yang Berbeda

Gol melawan Brighton di Anfield juga tercatat sebagai rekor Premier League untuk gol melawan tim yang berbeda. Total Salah telah menyarangkan gol ke gawang 17 tim yang berbeda dalam satu musim.

19. Pemain Pertama yang Mengungguli Tiga Tim Premier League

Total 32 gol Mohamed Salah lebih banyak dari total gol yang dibuat West Brom (31), Swansea City (28) dan Huddersfield Town (28) untuk menjadi pemain pertama yang mengungguli tiga tim Premier League.

Dan, Mohamed Salah masih memiliki daftar rekor yang harus dipecahkan: Gol terbanyak yang dibuat pemain Liverpool di semua kompetisi dalam satu musim.

19+1. Ian Rush mencetak 47 gol yang luar biasa di semua kompetisi selama 1983-84 yang masih menjadi rekor klub untuk gol terbanyak dalam satu musim. Salah perlu mencetak hat-trick di final Liga Champions melawan Real Madrid untuk menyamainya. ( Sarivita / YK-1)

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: