kumparan
25 Oktober 2019 16:56

Bappenas Terima KI Sadai Sebagai PSN 2020 Tanpa Catatan

IMG-20191025-WA0004.jpg
Suasana opening invesment business gathering explore belitung, the treasure island, di Jakarta. (Ist)
Kawasan Industri (KI) Sadai yang berada di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung ditetapkan oleh Bappenas sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) 2020. Bahkan dari sepuluh program usulan, hanya KI Sadai yang disetujui lantaran sudah memiliki dokumen lengkap.
ADVERTISEMENT
Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Jumat (25/10/2019) mengungkapkan KI Sadai diterima tanpa catatan.
“Pemprov Bangka Belitung mengajukan sepuluh program untuk masuk dalam PSN 2020. Namun hanya KI Sadai yang memenuhi syarat sehingga diterima pemerintah,” kata Erzaldi Rosman.
Lebih lanjut Erzaldi mengatakan program lain yang juga terima namun dengan catatan diantaranya pelabuhan, KEK Tanjung Gunung dan Sungailiat, Trans Bangka serta Trans Belitung.
Masuknya KI Sadai dalam PSN 2020 saat rapat Bappenas di Jakarta yang dihadiri Kepala Bappeda Provinsi Bangka Belitung, Feri Insani. Setelah diterima sebagai PSN di Bangka Belitung, kata Feri, pemerintah pusat akan mendukung pembangunan infrastruktur ke KI Sadai.
"Akan banyak kegiatan dari pusat di KI Sadai untuk percepatan masuknya investor. KI Sadai disebut lebih menarik lantaran padat karya dan pada modal,” ungkap Feri.
ADVERTISEMENT
Feri memberi apresiasi kepada pengelola dan Pemkab Bangka Selatan yang telah mempersiapkan seluruh dokumen dengan lengkap.
“Hampir seluruh daerah di Indonesia mengajukan KI, Sadai satu-satunya yang diterima tanpa catatan," imbuh Feri.
KI Sadai di Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan berada di lahan seluas 3.000 hektar lebih dan 82 hektar untuk kawasan pelabuhan.
Bupait Bangka Selatan, Justiar Noer yang mengikuti Bussines Gathering Investment di Jakarta juga mengapresiasi upaya Gubernur Bangka Belitung beserta jajarannya.
"KI Sadai langkahnya makin maju, kami di daerah memgapresiasi upaya gubernur bersama jajaraannya yang konsisten mewujudkan Sadai sebagai kawasan industri yang akan menjadi penggerak ekonomi di Bangka Sekatan maupun Provinsi Bangka Belitung,” tukas Justiar.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan