News
·
14 Januari 2021 21:24

Besok, Gubernur Babel dan Sejumlah Pejabat Siap Divaksin Sinovac

Konten ini diproduksi oleh Babel Hits
Besok, Gubernur Babel dan Sejumlah Pejabat Siap Divaksin Sinovac (302661)
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman.
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman bersama unsur Forkopimda, dan tokoh masyarakat hari Jumat (15/1/2021) direncanakan akan melakukan penyuntikan vaksinasi perdana Covid-19 di Babel. Penyuntikan ini akan terlaksana di RSUP DR Soekarno Bangka Belitung kawasan Air Anyir, Kabupaten Bangka.
ADVERTISEMENT
Hal ini disampaikan Erzaldi di Ruang VIP Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang, ketika melakukan konferensi pers tentang pelaksanaan vaksinasi COVID-19 wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (14/01/2021).
Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 ini juga sejalan dengan beberapa misi Erzaldi dalam memimpin Bangka Belitung di antaranya, meningkatkan sumber daya manusia unggul, dan handal; meningkatkan kesehatan masyarakat; serta meningkatkan pengendalian bencana, dan kualitas lingkungan hidup. Sebab, pandemi COVID-19 ini telah ditetapkan statusnya menjadi bencana non alam.
Erzaldi menyatakan siap menjadi orang pertama di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang mendapat suntikan vaksin COVID-19. Karena seorang pemimpin harus menjadi teladan bagi masyarakat, untuk meyakinkan masyarakat bahwa vaksin itu aman.
"Dan juga saya ingin mengingatkan kepada masyarakat, jangan pernah merasa dengan adanya vaksin sudah merasa aman dari virus, tetap kita melakukan protokol kesehatan dengan disiplin," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Tahap pertama vaksinasi juga ditujukan bagi tenaga kesehatan yang merupakan garda terdepan memerangi COVID-19 dengan jumlah penerima 12.000 orang. Kegiatan ini ditargetkan selesai pada akhir April 2021.
Disampaikannya bahwa, selain Provinsi Kepulauan Babel, pada Jumat (15/1/2021) juga ada vaksinasi perdana di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Belitung, dikarenakan jumlah penderita positif COVID-19 tinggi terjadi di daerah tersebut.
"Ketika masyarakat sudah divaksin, mereka akan menerima kartu menggunakan aplikasi Primary Care (P-Care), untuk memperlancar proses data pemberian dan penerima vaksin," jelasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Erzaldi juga menjelaskan mengenai distribusi vaksin yang ada di cold storage penyimpanan vaksin milik Dinas Kesehatan. Distribusi vaksin ke kabupaten/kota akan dikawal oleh pihak kepolisian.
Sementara itu, Kepala Kantor Kesehatan pelabuhan, Bangun Cahyo Utomo menjelaskan, distribusi vaksin COVID-19 yang akan segera disebarkan, untuk wilayah Pangkalpinang berjumlah 4.760 dosis, 3.560 dosis untuk wilayah Bangka, dan 1.960 dosis untuk wilayah Belitung.
ADVERTISEMENT