Pencarian populer
PUBLISHER STORY
14 April 2019 2:45 WIB
0
0

Ikan Bercacing Anisakis Berasal dari Luar Babel

Kepala Disnakerperindag Bangka Thony Marza.

Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan (Disnakerperindag) Kabupaten Bangka mengimbau kepada masyarakat di daerah itu supaya pilih-pilih ikan konsumsi yang hendak dibeli.

Hal ini terkait kembali beredarnya kabar banyak cacing anisakis yang ditemukan warga saat membersihkan ikan usai berbelanja di pasar.

"Kami imbau pilih-pilih ikannya, jangan sembarangan, dilihat dulu dengan baik dan benar," kata Kepala Disnakerperindag Kabupaten Bangka, Thony Marza di Sungailiat, Minggu (14/4/2019).

Dijelaskannya terkait kabar banyaknya cacing anisakis di organ ikan ini sudah ada sejak lama, tapi kembali ditemukan oleh masyarakat baru-baru ini di Pulau Bangka.

Thony mengakui pihaknya sudah turun ke lapangan untuk mengecek langsung ikan-ikan yang beredar di pasaran bersama instansi terkait lainnya, usai menerima laporan masyarakat di daerah itu.

"Kabar ini sudah lama, dulu juga ada, tapi kembali beredar sekarang ini," jelasnya.

"Ikannya memang bagus-bagus seperti ikan baru dari laut, jadi masyarakat harus lebih jeli dalam berbelanja," ujarnya.

Sementara, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Ridwan menjelaskan ikan-ikan yang mengandung cacing anisakis ini bukan berasal dari Pulau Bangka melainkan ikan yang didatangkan dari luar daerah.

"Ikan ini kebanyakan dari luar, terutama Sumatera," kata Ridwan.

"Kami juga sudah menelusuri itu, pedagang pun sudah kami imbau untuk lebih hati-hati menerima ikan dari luar Bangka," ujarnya lagi.

Ridwan menambahkan jika ikan-ikan di Pulau Bangka bisa dipastikan terhindar dari cacing anisakis, hal ini dikarenakan ikan-ikan di Pulau Bangka masih terlindung dari pulau-pulau jika ada hal-hal kotor di perairan.

Apalagi ikan-ikan di Pulau Bangka dijual dalam kondisi fresh atau baru dijaring oleh nelayan, sehingga kemungkinan disimpan dalam waktu lama sangat kecil.

"Ikan di Pulau Bangka ini dapat langsung jual, apalagi ikannya ditangkap tidak jauh ke tengah lautan luas, hanya dipinggir saja atau sungai," tambahnya. (*)

Penulis: tim babelhits

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23