kumparan
search-gray
News30 Maret 2020 13:36

KUA Muntok, Bangka Barat, Perketat Proses Ijab Kabul Pengantin

Konten Redaksi Babel Hits
akermjend2n04q7ujwia.jpg
Ilustrasi Kumparan.
Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Muntok Robby Arzuli Priyatna menegaskan mulai tanggal 26 Maret 2020 hingga 31 Maret 2020 pihaknya wajib bekerja di rumah sesuai edaran Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Barat pada tanggal 24 Maret 2020.
ADVERTISEMENT
Namun demikian semenjak adanya penyebaran Covid19 ini tidak ada larangan pendaftaran pernikahan hanya saja aturan untuk prosesi akad diperketat.
Dijelaskan Robby, akad nikah yang dilangsungkan di KUA dibatasi jumlahnya maksimal 10 orang, catin dan anggota keluarga harus mengikuti prosedur kesehatan, dan prosesi ijab kabul harus telah mengikuti prosedur kesehatan.
Sementara itu, akad nikah di luar KUA harus dalam ruangan yang berventilasi sehat atau tempat terbuka, dibatasi maksimal 10 orang. Prosesi akad dan ijab kabul dilakukan dengan syarat telah melaksanakan prosedur kesehatan.
“Untuk sementara bimbingan catin, konsultasi perkawinan, bimbingan klasikal, dan sebagainya yang berpotensi menjalin kontak jarak dekat atau menciptakan kerumunan ditiadakan, kecuali pelayanan administrasi dan pencatatan perkawinan,” kata Robby, Senin (30/3/2020).
ADVERTISEMENT
Robby menuturkan sampai saat ini pendaftaran nikah tetap dibuka seperti biasa dan sudah sebanyak 29 pasang untuk bulan ini yang akan melaksanakan pernikahan.
"Untuk bulan ini kami menerima tetap seperti biasa, hanya kami imbau tidak resepsi, dan tidak yang membatalkan,” imbuh Robby.
Ditegaskan Robby, pihaknya tetap berpegang teguh pada regulasi dan edaran Kemenag RI untuk pelaksanaan pernikahan. Jika nanti ada penundaan tetap akan disampaikan.
Robby mengaku prihatin apa yang dialami catin tidak boleh melaksanakan resepsi dan harus menggunakan berbagai alat sebagai keamanan kesehatan pribadi seperti masker dan sarung tangan, dan menyiapkan tempat cuci tangan.
"Namun tetap kami berikan keyakinan Insya Allah semua ada hikmahnya dan semoga badai segera berlalu," tukasnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white