Pencarian populer
PUBLISHER STORY
25 Februari 2019 2:50 WIB
0
0

Lima Legislator Ini Gantikan Korban Lion Air JT 610

Pelantikan dan pengesahan pergantian antar waktu (PAW) lima orang anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, Senin (25/2/2019) di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Bangka Belitung.(foto;babelhits)

PANGKALPINANG, babelhits.com -- DPRD Provinsi Bangka Belitung menggelar rapat paripurna terbuka untuk melantik dan mengesahkan pergantian antar waktu (PAW) lima orang anggota DPRD Provinsi Bangka Belitung, Senin (25/2/2029) di Ruang Paripurna Gedung DPRD Provinsi Bangka Belitung.

Kelima orang anggota DPRD tersebut antara lain, Abdul Rasyid Saliman (PPP) menggantikan Eling Sutikno, Kapid Maid (PKS) menggantikan Murdiman, Ismail Siddik (PKB) menggantikan Dolar, Sri Subekti Mulyaningsih (Golkar) menggantikan Ahmad Mughni, serta Harpan Effendi (PAN) menggantikan Muhktar Rasyid.

Pergantian antar waktu ini adalah para anggota dewan yang jadi korban kecelakaan pesawat Lion Air pada Bulan Oktober 2018 lalu. Dari enam anggota dewan yang jadi korban, saat PAW hanya lima anggota yang dilantik tanpa calon pengganti HK Junaidi dari Fraksi Demokrat.

Ketua DPRD Bangka Belitung (Babel) Didit Srigusjaya menyampaikan, rapat paripurna DPRD Babel hari ini merupakan peresmian dan sumpah janji sisa jabatan anggota DPRD Babel 2014-2019.

"Pergantian antar waktu (PAW) ini terbuka untuk umum dan peresmian atau sumpah janji ini sekaligus mengisi kekosongan anggota DPRD yang menjadi korban Lion Air JT610 pada tanggal 28 Oktober 2018 lalu," kata Didit.

“Penghormatan yang seting-tingginya kami ucapkan kepada para almarhum dan keluarga korban yang telah mengabdi untuk masyarakat Babel,” imbuh Didit.

Didit menambahkan untuk pengganti HK Junaidi dari Fraksi Demokrat sedang dalam proses usulan kepada menteri.

"Sudah diusulkan tapi masalah dengan untuk satu korban Almarhum Pak HK Junaidi yang belum dilakukan pelantikan," kata Didit.

Didit berharap lima anggota DPRD Babel yang baru dilantik tersebut dapat melaksanakan tugas dan fungsi mereka sebagai anggota DPRD Babel, yakni pengawasan, budgeting dan regulator, diharapkan mereka yang dilantik ini dapat lebih aktif memberikan semangat baru kepada anggota DPRD Babel yang lain.

“Tidak ada yang berlebihan, yang penting aspiratif dan sering masuk, jangan habis dilantik kabur tidak jelas ini kan susah,” ujar Didit.

Diakui Didit beberapa waktu lalu DPRD Babel, merasa sangat terganggu dengan kekurangan anggota DPRD, sejumlah pansus sulit disusun begitu juga dengan rapat juga sulit untuk kuorum.

"Kekurangan dua orang lagi akan kita isi, untuk PDIP kita langsung ketemu DPP agar dipercepat, sedangkan Demokrat tinggal tandatangan pak menteri karena terlambat menyampaikan usulan PAW ke DPRD Babel," tutur Didit.

Rapat paripurna PAW kali ini merupakan yang keempat kalinya dengan total anggota yang diganti sebanyak sebelas orang atau 27 persen dari 45 orang jumlah anggota DPRD Babel.

Didit Srigusjaya mengakui selama menjabat anggota DPRD Babel untuk tiga periode, pada periode kali inilah yang terbanyak dilakukan PAW.

"Sudah empat kali PAW dan sekarang yang terbanyak," kata Didit yang sudah tiga periode menjabat Anggota DPRD Babel.

Penyebab PAW pun beragam mulai dari mengundurkan diri karena mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) seperti Rina Tarol, Yuslih Ihza, Amri Cahyadi, dan Helliyana.

Ada yang meninggal dunia seperti Subandri , dan enam anggota dewan korban jatuhnya Lion Air yakni, Murdiman, Muhtar Rasyid, Ahmad Mughni, HK Junaidi, H Eling Sutikno, dan Dollar. Satu orang pergantian antar waktu kasus pidana narkoba atas nama Siswanto.

PAW pun masih memungkinkan digelar untuk anggota Fraksi PDI Perjuangan yang meninggal dunia karena sakit atas nama Syamsuhardi.

"Masih dalam proses administrasi mudah-mudahan bisa sebelum 25 Maret nanti," ujar Didit.

Jumlah anggota PAW Periode 2014-2019, asal partai politik terbanyak adalah PPP (4) , Golkar (2), Demokrat, PKS, PAN, PBB dan PKB masing-masing satu orang. (*)

Penulis: tim babelhits

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Sabtu,25/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.23