kumparan
search-gray
News2 Agustus 2020 16:00

Masjid di Pangkalpinang yang Sempat Ditutup Warga Akhirnya Dibuka Kembali

Konten Redaksi Babel Hits
Masjid di Pangkalpinang yang Sempat Ditutup Warga Akhirnya Dibuka Kembali (40574)
Suasana mediasi yang dilakukan pihak Polres Pangkalpinang.
Penutupan Masjid Al Amanah Kampak , Kelurahan Jerambah Gantung menjadi perhatian pihak Polres Pangkalpinang.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, masjid yang berada di Jalan Fatmawati ini ditutup dan dipasang spanduk yang bertuliskan "Masjid Ditutup Oleh Masyarakat" dan tulisan "Mulai Tanggal 3 Agustus 2020 Masjid Ini Ditutup Selamanya."
Pemasangan spanduk tersebut, sempat menjadi viral di media sosial Facebook dengan berbagai tanggapan dari Netizen.
Dari informasi yang diterima, permasalahan ini bermula saat pemilik lahan dan bangunan masjid ingin mengambil alih masjid tersebut yang sudah diserah kelola kepada masyarakat setempat, sejak tiga tahun lebih.
Tidak ingin permasalahan menjadi berlarut dan dapat menimbulkan gejolak sosial di tengah masyarakat, Polres Pangkalpinang melakukan mediasi dengan warga dan perwakilan lainnya Sabtu (1/8) sekitar pukul 20.00 WIB.
"Ada 3 poin yang disepakati di antaranya pembongkaran spanduk, karena dirasakan kurang pantas," ujar Kabag OPS Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang, Minggu (2/8).
ADVERTISEMENT
Dalam mediasi tersebut juga disepakati pertemuan kedua belah pihak dengan pihak terkait yaitu Departemen Agama (Depag) dan MUI.
"Juga dihasilkan keputusan dalam mediasi kepengurusan Masjid Al Amanah diberhentikan dan digantikan oleh ketua RT dan aktivitas masjid tetap berjalan normal," lanjut Jadiman Sihotang.
Masjid di Pangkalpinang yang Sempat Ditutup Warga Akhirnya Dibuka Kembali (40575)
Spanduk yang sempa viral di Medsos.
Polres Pangkalpinang juga mengharapkan kepada masyarakat agar tidak terpancing melakukan aksi anarkis/kekerasan terkait permasalahan ini.
"Percaya kepada tokoh agama, masyarakat serta pemerintah untuk menyelesaikan permasalah ini dengan menghasilkan keputusan yang terbaik bagi masyarakat serta bersama-sama memakmurkan Masjid," imbau Jadiman Sihotang.
Mediasi juga dihadiri Camat Gabek, Danramil Taman Sari, Kapolsek Taman Sari, Kasat Intelkam Polres Pangkalpinang, KBO Intelkam Polres Pangkalpinang, Lurah Jerambah Gantung, Ketua RT 007 Kelurahan Jembatan Gantung, Teguh (pemilik tanah dan bangunan Masjid Al Amanah), Bhabinkamtibmas, Perwakilan pengurus masjid Al Amanah serta perwakilan warga Kampak.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white