kumparan
31 Jan 2019 19:15 WIB

Menteri Muhadjir Resmikan Reading Corner di Warung Kopi

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendi didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan dan penggagas reading corner sedang beraudensi dengan warga saat melaunching reading corner di Warkopies, Pasar Mambo Pangkalpinang, Bangka Belitung.(ist)
ADVERTISEMENT
PANGKALPINANG, babelhits.com -- Menteri Pendidikan, Muhadjir Effendy didampingi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan, Kamis (31/1/2019) melaunching Reading Corner Warkop Bangka Belitung di Warkopies kawasan Pasar Mambo, Pangkalpinang, Bangka Belitung.
Reading Corner (sudut baca -- red) Warkop ini digagas oleh Feryandi selaku Komunitas Literasi Bangka Belitung. Menariknya Reading Corner ini berada di salah satu warung kopi (warkop) yang dikenal dengan Warkopies.
Menteri Muhadjir berharap dengan kehadiran Komunitas Literasi ini mampu memacu dan meningkatkan minat baca masyarakat di Bangka Belitung.
"Masih rendahnya komunitas literasi di Indonesia perlu dikembangkan, sehingga melalui sudut baca yang ada dapat meningkatkan minat baca masyarakat," harap Muhadjir.
Tak hanya itu Menteri Muhadjir juga mengharapkan kehadiran reading corner mampu menghindarkan pembicaraan dari hal - hal yang destruktif, sehingga melalui sudut baca yang ada dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan yang luas demi membangun karakter Bangsa Indonesia.
ADVERTISEMENT
Harapan yang sama juga dilontarkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan saat mendampingi Menteri Muhadjir
"Komunitas literasi tidak saja mendorong orang untuk rajin membaca, tetapi Komunitas Literasi ini, notabene banyak jurnalis juga akan mendorong para guru dapat menulis buku," kata Erzaldi Rosman Djohan.
Dikatakan Erzaldi Rosman Djohan kecenderungan orang untuk membaca dan menulis cukup besar, sehingga melalui strategi yang baik dapat memberikan hasil karya tulis yang membangun, dan menumbuhkan karakter anak bangsa yang baik pula dalam membangun bangsa.
Penggagas Komunitas Literasi Babel, Feryandi mengungkapkan berdirinya Komunitas Literasi ini bermula dari pengamatannya terhadap masyarakat yang sedang berkumpul lebih fokus kepada gadget yang dimiliki. Dengan adanya komunitas ini, diharapkan masyarakat terpacu dalam membaca buku.
ADVERTISEMENT
Feryandi berkeinginan reading corner ini dapat meningkat menjadi perpustakaan atau berupa sudut baca yang dapat menyebar di Bangka Belitung, sehingga memacu minat baca masyarakat.
Turut hadir dalam acara launching ini, Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil, Kepala Dinas Pendidikan Bangka Belitung M Soleh, Ketua Baznas Babel, Forum Komunitas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Babel, para jurnalis serta masyarakat sekitarnya.
Penulis: anjar s
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan