Pernak-pernik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Pulau Bangka

Konten Media Partner
19 Oktober 2021 19:42
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Pernak-pernik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Pulau Bangka (42045)
searchPerbesar
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman.
Di tengah situasi pandemi COVID-19, masyarakat Bangka Belitung, khususnya di Bangka masih merasakan dan merayakan peringatan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H.
ADVERTISEMENT
Tradisi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H atau lebih dikenal dengan nganggung bagi sebagian desa yang di Bangka dijadikan semacam perayaan hari besar agama islam, mengingat dalam tradisi nganggung tersebut memiliki sejumlah rangkaian kegiatan di mana masyarakat berkumpul di sebuah masjid dengan membawa sejumlah makanan hingga bertamu atau bersilaturahmi ke rumah sanak saudara.
Momen seperti ini tak luput dihadiri para petinggi pemimpin daerah dari Gubernur, Wali kota, Bupati, hingga pejabat pemerintah setempat.
Pernak-pernik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Pulau Bangka (42046)
searchPerbesar
Seperti halnya dilakukan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, saat dirinya hadir di tengah-tengah masyarakat Desa Kemuja, Kabupaten Bangka, Selasa (19/10/21).
Dalam perayaan hari kelahiran Rasulullah di Desa Santri tersebut, Gubernur Erzaldi merasakan kebahagiaan dapat menjalin silaturahmi dengan masyarakat desa. Ia juga terkesima dengan tradisi pembacaan Kitab Barzanji oleh beberapa jamaah Masjid Rahmatuddin.
ADVERTISEMENT
Barzanji merupakan suatu doa-doa, puji-pujian dan penceritaan riwayat Nabi Muhammad Saw, mulai dari kelahiran sampai wafatnya yang biasa dilantunkan dengan irama atau nada.
Mendengar lantunan tersebut, Gubernur Erzaldi yang didampingi para pengurus dan jemaah masjid, tokoh agama, tokoh masyarakat, Kepala Desa Kemuja, memberikan pesan khusus kepada masyarakat Kemuja saat memberikan sambutan.
"Tradisi ini harus terus dijaga. Sangat jarang sekarang ini masjid-masjid melantunkan Barzanji. Kenapa begitu, karena tidak ada yang melakonkan," ujarnya.
Ia pun merasa bersyukur masyarakat Desa Kemuja tetap mempertahankan tradisi tersebut hingga saat ini. Ia berharap Barzanji terus dilestarikan hingga ke generasi-generasi selanjutnya. Sehingga ke depan, Desa Kemuja yang sudah dikenal sebagai Desa Santri dapat menjadi contoh bagi desa lainnya.
ADVERTISEMENT
"Silahkan lakukan setiap malam Jumat. Pembacaan Barzanji ini saya minta harus digenerasikan, sehingga pelakon Barzanji terus ada. Kita ingin memfasihkan, mentadaburkan Barzanji ini. Sedikit demi sedikit kita lestarikan, tidak hanya di Kemuja saja," ungkapnya.
Agar tradisi pembacaan Barzanji terus bertahan kala perayaan Maulid Nabi, Gubernur Erzaldi pun mengharapkan kepada Kepala Desa Kemuja untuk dapat menggelar kegiatan perlombaan pembacaan Barzanji dengan mengundang desa-desa lainnya yang ada di Pulau Bangka.
"Buatkan perlombaan, misalkan setiap regu itu minimal 10 orang maksimal 20 orang. Tapi jangan semuanya dari Kemuja, undang setiap desa-desa. Selenggarakan segera," pungkasnya.
Pernak-pernik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Pulau Bangka (42047)
searchPerbesar
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil alias Molen saat menghadiri perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Masjid Asy-Syukur Kelurahan Opas Indah Kota Pangkalpinang.
Sementara Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil alias Molen didampingi Ketua TP PKK Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Masjid Asy-Syukur Kelurahan Opas Indah Kota Pangkalpinang, Selasa (19/10/21) siang.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Molen pada kesempatan ini mengucapkan syukur lantaran Kelurahan Opas Indah ini telah menggelar kegiatan yang sangat rutin dilakukan yaitu peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.
Menurut Molen dengan digelarnya kegiatan ini menandakan bahwa di Kota Pangkalpinang sudah bisa melaksanakan aktivitas seperti dulu lagi, namun tetap dengan protokol COVID-19.
"Sekali lagi ini adalah bukti bahwa vaksin di Pangkalpinang sudah berhasil sehingga tingkat penularan COVID-19 dibilang sudah mulai meredah," kata Molen.
Pernak-pernik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Pulau Bangka (42048)
searchPerbesar
Warga saat merayakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Masjid Asy-Syukur Kelurahan Opas Indah Kota Pangkalpinang.
"Dan jika pun ada yang terpapar COVID-19 untuk efeknya itu tidak terlalu berbahaya," imbuhnya.
Ia menambahkan bahwa Pangkalpinang untuk segera mencapai Herd Immunity. Dia pun mengajak seluruh masyarakat Pangkalpinang terutama yang belum mengikuti vaksin agar segera divaksin.
"Terbukti dengan kegiatan hari ini, jika sudah divaksin, kita sudah mulai bisa untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti dulu lagi," tukas Molen.
ADVERTISEMENT
Peringatan di Desa Romadhon
Pernak-pernik Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H di Pulau Bangka (42049)
searchPerbesar
Perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H juga dirayakan di Desa Romadhon, Kabupaten Bangka Tengah.
Perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H juga dirayakan di Desa Romadhon, Kabupaten Bangka Tengah.
Suasana Perayaan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H diceritakan oleh sejumlah mahasiswa dari KKN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung dari kelompok 26 saat melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN).
Fitri mengatakan perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 layaknya seperti lebaran hari besar agama islam. Suasana berkumpul dengan sanak saudara dengan menjamu makanan berat hingga ringan tersedia di rumah warga.
Menurutnya peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 di Bangka ini menjadi ciri tersendiri untuk pulau bangka.
Bahkan menurutnya berdasarkan kisah dari sang kepala Desa, tradisi nganggung ini sudah ada sejak 20 tahun lalu.
ADVERTISEMENT
Ia berharap ciri khas nganggung dalam perayaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 dapat dipertahankan bahkan dijadikan semacam keunggulan pariwisata di Babel.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020