News
·
12 Oktober 2020 11:27

Sebuah Kapal Ferry Kandas di Karang Aji Perairan Bangka Barat

Konten ini diproduksi oleh Babel Hits
Sebuah Kapal Ferry Kandas di Karang Aji Perairan Bangka Barat (37837)
Tim SAR Bangka Belitung saat mengevakuasi penumpang kapal Ferry KM Mutiara Pertiwi 3 yang kandas di Mentok.
Kapal Ferry KM Mutiara Pertiwi 3 kandas terperangkap di Karang Aji Perairan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Minggu (11/10/2020) malam
ADVERTISEMENT
Salah satu penumpang yang sempat menghubungi awak media membenarkan kapal tersebut kandas di sebuah Karang Aji yang sudah tidak jauh dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kabupaten Bangka Barat.
"Kapal Pertiwi nyangkut di karang, seluruh penumpang dievakuasi, ada kapal kecil yang jemput," ungkap Aan, salah satu penumpang saat menghubungi awak media.
Lantaran hampir lebih dari satu jam terperangkap di karang membuat sejumlah sempat panik, apalagi kapal mengalami goncangan.
"Kami sudah sejam di sini, berangkat dari Tanjung Api-api Jam 14.00 WIB, ada juga yang panik, anak-anak pada nangis," tuturnya.
Petugas KSOP Syahbandar Muntok Bidang Keselamatan Berlayar, Bambang Sugito mengatakan kapal masih kandas dan sementara ini menunggu air pasang untuk bisa dilihat perkembangan agar kapal bisa keluar dari karang.
ADVERTISEMENT
Akhirnya, puluhan penumpang KM Mutiara Pertiwi 3 dievakuasi menggunakan Kapal Navigasi KN Kalian setelah terjebak lebih dari satu jam di perairan Karang Aji.
Pj Sekda Kabupaten Bangka Barat Hartono datang ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok untuk melihat kondisi para penumpang yang sempat terjebak di laut.
KMP Mutiara Pertiwi 3 berangkat dari Tanjung Api-api pukul 14.00 WIB dan terjebak lebih dari satu jam dan penumpang berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Kabupaten Bangka Barat sekitar pukul 20.55 WIB.
Kasat Polair Polres Bangka Barat AKP Candra Wijaya menjelaskan setelah didata jumlah penumpang total sebanyak 59 orang, motor sebanyak 1 unit, kijang pikap sebanyak 1 unit, truk sedang sebanyak 11 unit, truk besar sebanyak 1 unit.
ADVERTISEMENT
"Alhamdulillah semua selamat, sampai sekarang untuk kapal masih di TKP karena kondisi air masih surut, Insya Allah besok kalau air sudah pasang baru bisa digeser," ungkapnya didampingi Danpos TNI AL Muntok, KKP, Puskesmas Muntok, TNI, dan KSOP Muntok.
Candra menuturkan di dalam kapal tersebut masih banyak kendaraan lain dan besok evakuasi lanjutan akan dilakukan sehingga sampai malam ini akan dilakukan pengamanan kepada kapal.
"Untuk penyebab kandas kapal tersebut masih dalam proses penyelidikan kami namun untuk sementara dari keterangan ABK dan kapten kapalnya menghindari nelayan yang tengah menyeberang di alur kapal," terangnya.
Sementara itu para penumpang yang terdampar akibat terjebak di kapal tersebut menyayangkan tidak ada tindakan kompensasi dari pihak kapal seperti memberikan makanan karena sudah memakan waktu lama di atas laut.
ADVERTISEMENT
"Tidak ada sama sekali dikasih makan kami, kami paling makanlah. Beli pop mie di kapal belum ada" ucap Salah satu penumpang Wiliyo Puspito (47) yang hendak pulang ke Air Belo Muntok.
Hal senada disampaikan juga oleh Feni (38) bahwa kondisi pada saat kejadian sempat panik karena tiba-tiba kapal goyang, dan setelah lebih dari satu jam pihaknya hingga malam ini pukul 22.00 WIB belum mendapat makanan serta pihak ASDP Muntok tak terlihat dalam evakuasi.