kumparan
KONTEN PUBLISHER
15 Desember 2019 17:38

Video: Kapal Tongkang Bermuatan Pasir Tenggelam di Perairan Belitung

IMG-20191215-WA0008.jpg
Tongkang dengan nama Trus Line 919 bermuatan pasir, tenggelam di perairan Belitung. (Dok Danpos Basarnas Belitung)
Sebuah kapal tongkang bermuatan pasir, Sabtu (14/12/19) mengalami insiden kandas di perairan Tanjungpandan, Belitung, Provinsi Bangka Belitung.
ADVERTISEMENT
Tongkang dengan nama Trust Line 919 ini mengangkut muatan pasir sebanyak 3.676 meter kubik. Rencananya pasir tersebut diangkut dari Muara Kubu Tayan menuju menuju Pelabuhan Marunda.
Ketika dikonfirmasi, Komandan Pos (Danpos) Badan SAR Nasional (Basarnas) Belitung, Rahmatullah Hasyim membenarkan insiden tersebut.
Ia mengatakan yang kandas hanya tongkang saja, sementara untuk kapal Tugboat dengan nama Trust 88 tidak ada masalah.
"Tongkang sudah dikandaskan di sekitar perairan Bui Hijau Tanjungpandan, kondisi muatan 70 persen terendam air. awak kapal sepuluh orang selamat," ungkap Rahmatullah, Minggu (15/12/19) saat dihubungi Babelhits.com
Video
Lebih lanjut dikatakan Rahmatullah, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KSOP Tanjungpandan terkait insiden tersebut. Dan pihak KSOP Tanjungpandan pun telah mengeluarkan Notice to Marine atau pemberitahuan kepada nakhoda kapal yang akan melintasi koordinat 02' 43' 835" S-107" 34' 166" E agar berhati-hati dalam bernavigasi dikarenakan ada kapal tongkang bermuatan pasir tenggelam.
ADVERTISEMENT
"Jadi kita imbau kapal-kapal yang akan lewat koordinat tersebut untuk lebih berhati-hati," tukasnnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan