kumparan
13 Jun 2019 12:27 WIB

6 Barang yang Wajib Dibawa ketika Liburan bersama Anak

Liburan aman dan nyaman bersama anak Foto: Pixabay
Hai, Moms, siapa yang kemarin abis liburan sama anaknya? Yang namanya liburan sama anak itu udah pasti capek ya, Moms. Tapi pastinya lebih besar happy-nya dong, ya. Semenjak punya anak gini, saya memang amat sangat rempong kalau sudah mau liburan bersama anakku, Dila. Liburan dua hari doang aja bisa bikin sampai setengah bagasi mobil penuh.
ADVERTISEMENT
Nah, memang apa saja sih must-carry item yang dibawa kalau kita mau liburan sama anak?
  1. Obat-obatan Sederhana
Kalau saya pribadi, Parasetamol, Lacto-B, Transpulmin, sama termometer, adalah obat-obatan yang wajib banget saya bawa kalau liburan. Soalnya kita enggak tahu kan apa yang akan terjadi di jalan. Langganan sakit Dila itu emang batuk, pilek, atau sembelit. Nah, kalau tiba-tiba demam, bisa langsung saya kasih Parasetamol-nya. Dan Lacto-B untuk sembelit ya, Moms. Terus satu barang lagi yang enggak boleh ketinggalan, spray nyamuk dan salep untuk ruam popok.
  1. Ekstra Baju, Pampers, Jaket, dan Sepatu (Cadangan)
Setiap liburan, saya selalu memasukkan baju per hari ke plastik zipper lock ya, Moms. Jadi biar enggak nyari-nyari lagi atau bingung kalau pas mau dipakai. Saya juga menyediakan secara khusus 1 zipper lock untuk ekstra baju, celana, dan pampers yah, Moms. Sebagai persiapan, namanya anak kecil, apalagi kalau sudah makan, cepat banget bajunya kotor. Dan jangan lupa selalu bawa jaket dan sepatu cadangan, minimal 1 biji aja.
ADVERTISEMENT
  1. Susu, Snack, dan Makanan ‘Cadangan’
Setiap pergi ke manapun, saya tak lupa membawa susu yang biasa diminum anak saya. Meskipun susunya itu gampang ditemui di supermarket, tapi saya selalu bawa dari rumah. Misalnya, saya hitung rata-rata per harinya Dila biasa minum susu berapa kotak. Misalnya biasa 3 kotak per hari, berarti saya bawa 4 kotak.
Bukan apa-apa, saya memang tipe yang malas kalau harus mampir-mampir buat membeli apapun. Belum lagi kalau ternyata barangnya susah dicari. Lantas, yang saya maksud makanan ‘cadangan’ itu seperti sereal dan makanan instan gitu yah, Moms. Dengan catatan, saya memberi makanan instan ke anak kalau memang enggak ada pilihan lain. Semisal ketika kita sekeluarga mampir di tempat makan yang semua menunya pedas, baru lah saya kasih anak menu kepepet tadi.
ADVERTISEMENT
  1. Mainan
Bawa mainan favorit dia ya, Moms, jangan lupa. Biar dia enggak bosan dalam perjalanan.
  1. Stroller, Micro Trike, dan Gendongan
Alat bantu kayak gini penting banget. Apalagi kalau kita ke tempat yang banyak jalan-jalannya. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, tiga barang ini useful banget deh ya setiap traveling.
  1. Perlengkapan Mandi
Handuk wajib banget harus bawa sendiri ya, Moms. Walaupun di hotel ada handuk, tapi kita tidak tahu kan ya itu bisa dipakai sama siapa saja. Kalau buat bapak ibunya sih hajar aja, kulit badak ini haha.. tapi kalau buat anak kita ya lebih baik bawa handuk sendiri dari rumah. Juga buat sabun, sampo, sikat gigi, sama odol, juga bawa sendiri ya, Moms.
ADVERTISEMENT
Nah, sekian must-carry item yang biasanya saya bawa dan hampir enggak pernah ketinggalan kalau lagi traveling dan membawa anak. Kalau saya pribadi, biasanya H-2 sudah saya list barang apa saja yang perlu dibawa. Jadi packing-nya bisa nyicil deh. Nanti pas besoknya mau berangkat, saya cek lagi satu-satu barangnya. Jadi bisa ketahuan kan mana aja yang belum kebawa.
So, selamat jalan-jalan, Moms!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·