Pencarian populer
Kembali ke tahun 2015 di saat aku harus melahirkan di luar negeri tepatnya di Brisbane, karena menemani suami di sana. Seperti di Indonesia, sebelum check out dari rumah sakit, kami diberi surat keterangan lahir anak. Nah, ternyata proses urus aktanya sangat mudah, aku daftar online terus sekitar 2 atau 3 minggu kemudian aku datang ke dinas kependudukan setempat, isi form dan aktanya langsung dicetak. Setelah punya akta lahir baru deh anakku, Sofia, bisa buat paspor. Buat paspor pun harus kirim ke KJRI Sydney karena di Brisbane sama sekali tidak ada KBRI atau KJRI. Ketika paspor Sofia sudah selesai dan dikirim ke alamat rumahku, ternyata mereka juga kirimkan surat pernyataan bahwa Sofia telah tercatat dalam daftar pelaporan kelahiran di KJRI Sydney.
Ketika pulang ke Indonesia, mama aku heboh banget suruh aku buat akta lahir Sofia lagi, karena takut akta lahir Brisbane tidak diakui di Indonesia. Tadinya mau santai dulu, eh jadi ikut panik karena ternyata baru tahu (maklum pasangan muda) kalau mau memasukkan nama Sofia ke kartu keluarga harus ada akta lahir. Cari tahu sana sini akhirnya telepon ke Dinas Kependudukan Jakarta. Ternyata, akta lahir itu hanya boleh terbit sekali. Kata petugasnya, memang sudah benar untuk buat akta lahir di Brisbane.
Langkah selanjutnya adalah datang ke Dinas Kependudukan, bawa KTP ayah dan ibu beserta akta lahir ke loket 5. Nanti akan dikeluarkan Pencatatan Kelahiran Luar Negeri. Prosesnya seminggu, tidak langsung siap. Bersyukur, prosesnya mudah dan keluarlah "akta lahir Indonesia" Sofia. Jadi ketika buat KK, rekening bank dan lain-lain yang memerlukan akta lahir, aku selalu bawa yang "akta lahir Indonesia", akta lahir yang asli disimpan saja.
 Semoga bermanfaat.
By: Livinia alawiyin
Copyright by Babyologist
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2018 © PT Dynamo Media Network
Version: web: