kumparan
3 September 2019 17:08

Bendy Ball Playgro: Bermain Sekaligus Melatih Motorik si Kecil

Usia balita atau sering disebut Golden Age adalah masa emas bagi pertumbuhan si Kecil. Golden Age adalah usia anak 0 s/d 5 tahun di mana si Kecil berada pada perkembangan terbaik fisik dan otaknya. Karenanya, sebagai orang tua kita perlu memberikan stimulus yang tepat untuk merangsang pertumbuhannya. Salah satunya adalah dengan permainan. Bermain tidak selamanya identik dengan hal negatif ya Moms. Malah sebaliknya dengan memberikan permainan yang tepat justru dapat membantu si Kecil mengembangkan kemampuan motoriknya, baik motorik kasar maupun motorik halusnya.
ADVERTISEMENT
Motorik kasar adalah kemampuan si Kecil untuk menggunakan otot-otot besar seperti duduk, merangkak, berjalan dan berlari. Sedangkan motorik halus adalah ketrampilan dalam menggunakan otot kecil serta koordinasi mata dan tangan. Motorik halus sangat berperan dalam membentuk kemandirian si Kecil nantinya seperti membuka pintu, menyikat gigi, mencuci tangan, menulis, membuka & menutup kancing baju dan lainnya.
Nah untuk mengembangkan kemampuan motorik halus si Kecil, kita dapat merangsangnya dengan memberikannya permainan. Jika si Kecil sudah berusia 1 tahun ke atas, Moms bisa mengajaknya bermain beberapa permainan edukatif seperti di bawah ini:
  • Permainan Melipat kertas
  • Permainan lilin mainan 
  • Permainan menyusun balok bongkar pasang & puzzle 
  • Bermain cetakan pasir 
Jika si Kecil masih berusia di bawah 1 tahun, Moms tetap dapat merangsang kemampuan motoriknya dengan memberikan mainan berbentuk bola. Moms bisa memberikan mainan seperti Bendy Ball dari Playgro. Bendy Ball dapat digunakan mulai usia 3 bulan. Dengan bermain Bendy Ball ini, si Kecil dapat belajar untuk mengembangkan otot tangannya, belajar memegang, menggenggam, mengangkat dan menggelindingkan bola. Selain itu si Kecil jadi lebih aktif bergerak untuk mengejar dan menangkap bola yang tentunya berpengaruh positif kepada kemampuan merangkak atau berjalannya. Selain itu, tekstur dari Bendy Ball ini pun dapat merangsang indra peraba si Kecil. Selain bentuknya yang unik & berwarna-warni, Bendy Ball ini pun dapat mengeluarkan bunyi. Si Kecil pun senang, dapat bermain sekaligus melatih motoriknya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan