kumparan
KONTEN PENGGUNA
8 Juni 2018 13:00

Cara Perawatan Tradisional Pasca Persalinan

Bukan hanya itu, seorang wanita atau Moms setelah melangsungkan proses persalinan pastinya akan kehilangan beberapa hal yang berasal dari tubuhnya. Mengapa? Hal ini di sebabkan karena adanya proses kehamilan dan juga persalinan. Dan untuk menggantikan beberapa hal yang telah hilang itu, pastinya Anda membutuhkan yang namanya perawatan, dan salah satu perawatan yang dapat dilakukan adalah proses perawatan tradisional.
ADVERTISEMENT
Perawatan Tradisional Pasca Persalinan
Mengonsumsi paket jamu bersalin
Salah satu cara tradisional yang bisa Anda terapkan setelah proses persalinan adalah dengan mengonsumsi beberapa paketan jamu bersalin. Dan untuk paketan ini Anda bisa membuatnya sendiriatau bahkan bisa langsung membelinya, karena sudah banyak beredar di pasaran termasuk di apotek. Namun untuk jenis jamu ini, sebaiknya Anda berhati-hati untuk memilih paketan jamu bersalin, pastikan jamu tersebut aman untuk Anda konsumsi. Dan berikut beberapa khasiat atau bahkan manfaat yangdimiliki dari jamu bersalin, diantaranya :
Membantu proses pengencangan sejumlah otot yang kendur
Membantu menyembuhkan bagian luka, terutama luka bekas jahitan.
Mengembalikan ukuran Rahim Anda.
Memperlancar ASI
ADVERTISEMENT
Mampu mengembalikan system stamina Anda yang sempat hilang.
Mampu memperlancar darah nifas yang keluar.
Mengonsumsi jamu kunyit asam
Jenis jamu lain yang memang bisa Anda konsumsi sebagai salah satu cara perawatan tradisional pasca persalinan adalah jamu kunyit asam. Kunyit sendiri adalah salah satu bahan alami yang memiliki kandungan snenyawa anti inflamasi yang mana bisa membantu Anda mempercepat proses pemulihan kondisi tubuh setelah melahirkan. Dan manfaat dari jamu tersebut adalah untuk membantu proses pengencangan sejumlah otot yang kendur.
Mengonsumsi jamu beras kencur
Jamu yang terbuat dari beras dan juga kencur juga termasuk ke dalam daftar jamu yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan kondisi setelah proses persalinan. Dan jamu ini ternyata sudah terkenal sejak lama sebagai salah satu jenis jamu yang mana memiliki manfaat yang sangat luar biasa, khususnya untuk seorang ibu yang sudah melangsungkan persalinan.
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan, yaitu:
Memberikan kesegaran dan juga kebugaran pada tubuh setelah persalinan
Mampu mengurangi rasa pegal di bagian tubuh
Mengembalikan stamina tubuh Anda.
Menjaga kesehatan dan juga kebugaran tubuh
Memperlancar system ASI
Mampu membantu diet Anda secara alami dan juga aman.
Mengonsumsi jamu daun pepaya
Jamu ini mungkin belum popular seperti jamu beras kencur, akan tetapi jamu jenis ini ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk Anda yang sudah melangsungkan proses persalinan. Dan manfaat utama dari jamu ini adalah untuk mengembalikan kebugaran kondisi fisik Anda dan juga mengembalikan bentuk tubuh secara alami.
ADVERTISEMENT
Mengonsumsi ramuan kayu manis dan jaheKayu manis dan juga jahe merupakan salah satu bahan makanan yang aman dan juga di sarankan untukdi konsumsi setelah proses persalinan. Manfaatnya adalah untuk mengembalikan stamina  yang hilang dan menambah kebugaran Anda.
Catatan: Harus Anda ingat, bahwa kelima jenis jamu yang kami rekomendasikan di atas hanya cocok di konsumsi oleh para ibu hamil yang melangsungkan persalinan normal. Dan bagi Anda yang melangsungkan persalinan secara Caesar sangat tidak di anjurkan mengkonsumsi jenis jamu apapun karena beresiko menimbulkan komplikasi kesehatan.
 
Semoga bermanfaat.
By: Babyologist Editor
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan