kumparan
8 Okt 2019 17:48 WIB

Jangan Malu, Buang Air Besar ketika Persalinan Normal Itu Wajar

ibu hamil jelang persalinan Foto: Shutterstock

Apakah BAB ketika persalinan normal terlihat 'menjijikan'?

Mungkin untuk sebagian wanita yang belum pernah melahirkan akan terlihat menjijikan ya moms, padahal BAB ketika persalinan normal adalah hal wajar dan kita tidak perlu merasa malu. BAB ketika melahirkan normal adalah hal biasa. Bidan dan penolong persalinan sudah biasa membersihkan BAB ibu yang akan melahirkan.
ADVERTISEMENT

Kenapa BAB bisa ikut keluar? Lalu apakah bisa menghindarinya?

Ketika proses melahirkan, rasa mulas yang dirasakan sama dengan rasa mulas ingin BAB. Jika rasa mulas yang sudah sangat tidak tertahankan dan seperti ingin BAB maka itu tanda baik karena bayi sudah pada jalan lahirnya dan sebentar lagi akan keluar.
Ketika bayi sudah berada di ujung jalan keluar, maka kepala bayi akan menekan saluran rektum pembuangan kotoran ibu pula. Jika di sana terdapat sisa ampas makanan yang memang harus dikeluarkan, maka kemungkinan jika ibu mengejan kotoran tersebut ikut keluar. Namun jangan sampai karena takut malu jika BAB keluar, Moms menjadi tidak maksimal mengejannya. Moms harus tetap fokus mengerahkan tenaga untuk mengejan sesuai arahan bidan atau dokter.
ADVERTISEMENT
Jika BAB ikut keluar, maka tidak usah malu karena hal tersebut lumrah dan tenaga medis yang membantu ibu melahirkan sudah terbiasa membersihkan BAB ibu. Lalu apakah bisa untuk tidak BAB ketika melahirkan? Ya bisa saja, tapi tidak bisa dipastikan semua ibu akan sama. Karena kita tidak bisa memprediksi kapan tepatnya akan melahirkan. Jika memang tidak sampai BAB ketika melahirkan ya disyukuri, namun jika terpaksanya harus BAB ketika melahirkan ya dibawa santai saja jangan malu ya moms karena itu adalah hal yang wajar.
Moms juga harus tetap menjaga pola hidup sehat dan banyak makan yang mengandung serat. Hal ini juga dapat membantu moms untuk BAB terlebih dahulu di wc ketika belum pembukaan besar. Ini dapat meminimalisir BAB ketika proses persalinan terjadi. Jangan malu mengutarakan keinginan moms jika memang ingin buang air terlebih dahulu sebelum memasuki fase persalinan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan