Pencarian populer

6 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh si Kecil

Makanan bayi. (Foto: Thinkstock)

Sistem kekebalan tubuh sangatlah penting dalam menjaga kesehatan si Kecil. Perannya adalah memberikan perlindungan terhadap pengaruh dari luar berupa infeksi bakteri dan virus. Jadi, semakin baik daya tahan tubuh si Kecil, semakin kecil kemungkinan ia terkena penyakit.

Ada beberapa cara alami meningkatkan sistem kekebalan tubuh, antara lain berolahraga dengan rutin, istirahat yang cukup, dan memiliki pola makan seimbang. Untuk si Kecil, Moms bisa memberikan bahan makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si Kecil.

Berikut bahan makanan untuk meningkatkan kekebalan tubuh si Kecil.

1. Vitamin C

Buah-buahan segar (Foto: Thinkstock)

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari infeksi dan meningkatkan kekuatan penyembuhan dalam tubuh. Vitamin C bekerja dengan meningkatkan produksi sel darah putih untuk melawan infeksi dan meningkatkan kadar interferon (antibodi yang melapisi sel tubuh) sehingga mencegah virus masuk.

Vitamin C dapat ditemukan pada buah-buahan di antaranya jeruk, stroberi, tomat, buah kiwi, dan semangka. Kebutuhan asupan per harinya adalah 40-45 mg.

2. Sayuran

Potongan sayuran kukus untuk MPASI atau camilan bayi (Foto: Pixabay)

Sayuran mengandung banyak nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Namun sayangnya, sayuran cenderung tidak disukai oleh anak-anak. Walau begitu, Moms tetaplah berusaha memberikan si Kecil beberapa sayuran yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh, seperti bawang, daun bawang, brokoli, bayam, kubis, dan jagung.

3. Probiotik

Keju cheddar (Foto: Thinstock)

Probiotik adalah organisme bakteri yang bermanfaat memperkuat sistem kekebalan tubuh yang banyak ditemukan pada suplemen serta makanan sehat (yoghurt, tempe, keju, dan lain-lain). Dengan mengonsumsi probiotik, sistem kekebalan tubuh akan terlatih untuk melawan bakteri-bakteri merugikan.

4. Zinc

Kacang-kacangan (Foto: Thinkstock)

Zinc merupakan mineral yang penting untuk membantu produksi sel darah putih yang berfungsi melawan infeksi. Mineral ini tidak hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, tetapi juga membantu si Kecil tumbuh dan berkembang.

Maksimalkan asupan zinc si Kecil, sehingga ia tidak hanya jarang sakit, tetapi juga memiliki konsentrasi yang lebih baik dan mengalami peningkatan perkembangan mental dan fisik. Sumber zinc antara lain telur, daging merah, dan kacang-kacangan.

5. Protein

Memasak telur (Foto: Shutter Stock)

Protein terdiri atas asam amino dan penting untuk membantu pembentukan sel-sel kekebalan si Kecil. Beberapa sumber protein yang baik di antaranya adalah ayam, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

6. Omega-3

Lemak ikan salmon (Foto: Pixabay)

Omega 3 berperan dalam meningkatkan aktivitas makrofag, salah satu sel yang berperan dalam imunitas. Asam lemak ini juga membantu memperkuat membran sel sehingga mempercepat penyembuhan dan memperkuat pertahanan tubuh terhadap infeksi.

Berikan si Kecil 1-2 porsi dalam seminggu makanan sumber asam lemak Omega-3 untuk memenuhi kebutuhannya. Asam omega-3 banyak ditemukan dalam ikan salmon dan kacang kenari.

Semoga bermanfaat.

By: Merry Lim Copyright by Babyologist

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: web: