Pencarian populer

Mana yang Terbaik untuk Menangani Eksim si Kecil: Krim atau Lotion?

ADVERTISEMENT
Berbicara masalah kulit pada bayi seperti sudah tidak asing lagi di telinga kita ya Moms, beberapa kasus kulit yang sering menyerang bayi salah satunya yaitu eksim atau biasa kita kenal dengan istilah dermatitis atopik (DA) atau istilah lain eczema. Padahal kita tahu bahwa kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh dan termasuk organ terbesar yang dimiliki oleh tubuh. Kalau ngomongin tentang struktur anatomi, kulit terdiri dari 3 lapisan yaitu epidermis, dermis dan hipodermis. Pada epidermis kulit ini terdiri dari 5 lapisan yaitu stratum korneum, stratum lucidum, stratum granulosum, stratum spinosum, stratum germinativum. Nah, pada kasus eksim ini biasanya yang diserang adalah lapisan epidermis khususnya di bagian stratum korneumnya. Sehingga bagian ini lebih sensitif terhadap adanya iritasi, alergen, dan bakteri.
ADVERTISEMENT
Pada kejadian eksim, stratum korneum yang rusak ini menjadikan kulit lebih sulit untuk menangkal / menahan air, sehingga eksim menyebabkan kulit kering dan memerah, terkadang disertai dengan pecah-pecah dan timbul gatal karena inflamasi. Faktor pencetusnya juga banyak ya Moms bisa dari makanan, udara, gen keturunan, kutu (dust mites), alergi, cuaca dan lainnya.
Kondisi eksim paling sering menyerang anak-anak, tetapi juga dapat mempengaruhi orang dewasa lho Moms. Eksim ini bisa menimbulkan gatal dan perasaan tidak nyaman jika terjadi pada bayi. Eksim (dermatitis atopik) yang terjadi pada masa bayi biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika dewasa, namun bisa juga akan bertahan sampai dewasa.
Salah satu hal yang dapat membantu untuk mengendalikan eksim yaitu dengan menjaga kelembapan kulit bayi, bisa menggunakan pelembap yang mampu membantu melindungi lapisan kulit terluar kita. Penting untuk memahami bagaimana dan kapan melembapkan dengan benar dan produk mana yang paling baik digunakan ketika bayi menderita eksim ya Moms.
ADVERTISEMENT
Tidak semua pelembap diciptakan sama ya Moms. Faktanya, ada banyak jenis pelembap umum yang tidak bagus dalam membantu mengendalikan eksim dan bahkan membuatnya melebar atau bertambah parah. Dari jurnal dan informasi yang saya dapatkan, penting untuk memahami perbedaan antara tiga jenis dasar pelembap yaitu salep, krim, dan lotion. Tetapi kali ini, kita akan bahas antara krim dan lotion ya Moms, manakah di antara keduanya yang terbaik untuk mengobati eksim.
Antara krim dan lotion dibedakan berdasarkan jumlah minyak dan air yang dikandungnya. Semakin banyak minyak dalam pelembap, semakin baik biasanya untuk mengobati eksim. Pelembap terbaik untuk digunakan adalah pelembap yang terasa "berminyak" seperti pada krim, karena lebih banyak mengandung minyak daripada air, sehingga efektif untuk menjaga kelembapan dan iritasi keluar dan lebih mudah serta nyaman digunakan.
ADVERTISEMENT
Sedangkan lotion mengandung sedikit minyak, dengan kandungan utamanya air. Lotion akan mudah menguap dengan cepat dan kadang mengandung bahan pengawet yang terbakar ketika dioleskan ke kulit yang tergores atau rusak.
Semakin tinggi proporsi lemak dalam produk pelembap, semakin baik melindungi kulit dari kekeringan. Jadi penderita eksim sering disarankan untuk menggunakan produk dengan kandungan lemak tinggi. Oleh karenanya, disarankan menggunakan krim karena memiliki kandungan minyak lebih tinggi dari lotion, konsistensi krim lebih cair dibandingkan salep, sehingga lebih mudah dan lebih nyaman untuk digunakan. Sedangkan lotion sangat berair, sehingga kurang cocok untuk kulit yang sangat kering. Karena lotion memiliki efek pendinginan dan dehidrasi, mereka terutama digunakan untuk merawat area kulit yang basah.
ADVERTISEMENT
Hal penting yang harus kita ingat yaitu dalam menggunakan pelembap untuk eksim, sebaiknya digunakan tiga menit setelah mandi. Banyak sekali pelembap yang dibuat untuk meredakan eksim, dan kita sebagai orang tua harus pintar dalam memilih pelembap mana yang cocok dan aman untuk anak kita yang menderita eksim. Karena kandungan dari masing-masing pelembap tidaklah sama. Be smart mother ya Moms!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.81