kumparan
KONTEN PENGGUNA
16 Mei 2019 16:16

Mengajarkan Kedisiplinan Tidur pada Anak

Tentu kita tahu bahwa tidur pada anak, terutama bayi, sangat penting untuk pertumbuhannya. Namun, masalahnya sebagian besar bayi dan balita belum memiliki kedisiplinan tidur dan waktu tidurnya berkurang. Anak usia di bawah 1 tahun biasanya masih sering terbangun dan rewel di malam hari. Atau bahkan baru bisa tidur setelah dini hari dan bangun pada siang hari. 
ADVERTISEMENT
Bagi sebagian Mommies, apalagi yang besoknya harus bekerja, hal ini tentu menjadi sesuatu yang sedikit merepotkan. Lalu, adakah cara bagaimana agar anak bisa tidur tenang semalaman dan mungkin bisa tidur dan bangun teratur di jam yang sama? Jawabannya, ada.

Beberapa hal bisa dilakukan untuk menerapkan kedisiplinan tidur pada anak

  1. Kenalkan konsep siang dan malam pada anakApa itu konsep siang dan malam? Adalah suatu konsep yang memberikan pemahaman kepada anak bahwa siang dan malam itu berbeda. Siang waktunya untuk belajar, bermain dan istirahat secukupnya, lalu malam adalah waktunya tidur lama hingga pagi. Bagaimana caranya?Ciptakan suasana yang ramai dan ceria di siang hari, pastikan semua ruangan terang. Ajak si kecil berkegiatan yang menyenangkan. Lalu ketika malam tiba, ciptakan suasana yang sepi, bukan berarti senyap tanpa suara sama sekali, tapi jauhkan si kecil dari suara2 berisik dan keramaian. Redupkan cahaya, dan buat kamar tidur senyaman mungkin, jelaskan bahwa ini malam hari dan waktunya tidur.
  2. Kurangi permainan yang menguras banyak tenagaBayi yang mulai aktif akan selalu penasaran untuk mengeksplor apapun keterampilannya. Sebaiknya maksimalkan eksplorasinya di siang hari, dan ketika malam hari kurangi kegiatannya. Membaca dongeng atau buku cerita anak bisa dijadikan kegiatan yang menyenangkan di malam hari.
  3. Susui bayi atau berikan susu hangat sebelum tidur untuk balitaBerikan susu setidaknya 1 jam sebelum tidur. Untuk balita, susu hangat sangat membantunya rileks dan membuatnya cepat tertidur.
  4. Berikan pijatan ringanSetelah seharian bermain dan belajar mengeksplor keterampilannya, tentunya dia kelelahan. Berikan pijatan ringan di seluruh tubuhnya agar otot-ototnya lemas dan rileks, jadi dia bisa tidur nyenyak semalaman.
  5. Tidur di jam yang samaTidurkan si kecil selalu di jam yang sama, misal jam 8 atau jam 9 malam. Hal ini bertujuan agar dia disiplin dan selalu ingat bahwa di jam tersebut dia harus tidur.
  6. Mandikan bayi sebelum tidurMandi malam pada bayi masih sangat jarang dilakukan. Hal ini karena sebagian besar Mommies beranggapan bahwa mandi sebelum tidur berbahaya dan menyebabkan sakit. Padahal itu cuma mitos loh Moms, bayi mandi malam tidak apa-apa justru membuat rileks tubuhnya. Dengan catatan, pakai air hangat dan kondisi tubuhnya sangat fit.
ADVERTISEMENT
Nah Moms, beberapa tips di atas bisa dicoba di rumah loh, semoga bermanfaat ya Moms.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan