kumparan
KONTEN PENGGUNA
14 Juni 2019 20:38

My Baby Strawberry Birthmark

Hai Moms! Kali ini saya ingin berbagi mengenai tanda lahir pada anak saya. Seperti yang kita tahu, setiap bayi pasti terlahir unik. Begitu pula dengan anak saya, Hara. Saat lahir, Hara tidak memiliki tanda lahir. Namun saat usia Hara 4 minggu, muncul semacam bentol di ibu jarinya. Awalnya saya pikir itu hanya bentol karena gigitan nyamuk, namun lama-kelamaan semakin merah dan jelas, bahkan cukup besar untuk ukuran bentol.
ADVERTISEMENT
Panik? Sudah pasti. Akhirnya saat Hara imunisasi, saya tanyakan benjolan itu ke DSA. Ternyata itu adalah Hemangioma. Tanda lahir berbentuk strawberry karena pertumbuhan pembuluh darah yang berlebihan. Namun untungnya, benjolan halus ini tidak berbahaya dan akan mengecil dengan sendirinya. Tapi proses itu bisa memakan waktu bertahun-tahun. Kami pun dirujuk ke dokter spesialis hematologi onkologi anak untuk screening lanjutan.
Menyadari bahwa tanda lahir Hara berbeda dengan tanda lahir anak pada umumnya, membuat saya banyak berkonsultasi dengan DSA Hara. Ternyata Hemangioma ini memang tidak diketahui penyebabnya karena bawaan lahir. Hemangioma yang dialami Hara tidak mengganggu kegiatannya, namun pada beberapa kasus lain, ada juga yang mengganggu penglihatan dan kerja organ dalam. Jika sudah seperti itu, maka pengobatan seperti operasi, laser atau dengan obat-obatan dapat membantu menghilangkan hemangioma.
ADVERTISEMENT
Saat ini, Hara berusia 7 bulan dan hemangiomanya sudah sedikit memudar. Namun sebagai  orang tua, kami akan terus memantau tanda lahirnya itu. Tanda lahir strawberry yang kini mulai dia sadari karena ada di ibu jarinya.
Untuk Moms di luar sana yang mengalami hal serupa, tetap pantau dan rutin kontrol ke DSA ya untuk mengetahui perkembangannya. Semoga hemangiomanya akan menghilang di waktu yang tepat. Aamiin.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan